sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Mengembalikan Penampilan Pasca Melahirkan untuk Ibu Menyusui

Erni Meilina Selasa, 01 Dec 2020 10:05 WIB
Two people, mother taking a break from exercising to breastfeed her baby son at home. caption

Jakarta – Kehamilan mengubah banyak hal pada seorang wanita, tak terkecuali masalah penampilan ya, Bunda. Berat badan yang melonjak drastis, ditambah kelelahan mengurus dan menyusui bayi selama 24 jam bisa membuat penampilan Bunda terlihat kusam dan tak terawat.

Ya, setelah Bunda memiliki seorang anak, seluruh kehidupan Bunda akan berubah. Mulai dari aktivitas sehari-hari, jam tidur, prioritas, dan tentunya perubahan hormon. Perubahan-perubahan tersebut dapat berpengaruh kepada fisik dan juga wajah Bunda, lho.

Sering kali para Ibu baru merasa sedih karena melihat kulitnya yang semula cerah, lembut, dan sehat kini menjadi kusam, muncul lingkaran hitam di bawah mata, kulit menjadi kering dan permasalahan lainnya di masa-masa menyusui. Hal tersebut bisa disebabkan dari berbagai hal, mulai dari kurang nya jam istirahat, dehidrasi, dan makan makanan yang tidak sehat.


Bunda jangan khawatir ya. Perubahan setelah melahirkan bisa diatasi. Simak yuk tips mengembalikan kecantikan Bunda menyusui dilansir Parenting Firstcry berikut ini:

7 Tips untuk membantu Ibu menyusui tampil cantik

1. Mulailah Hari Bunda dengan Positif

Cara Bunda memulai pagi dapat memengaruhi menjalankan sisa hari secara maksimal. Pastikan Bunda bangun dengan perasaan positif. Minumlah segelas air hangat di pagi hari, alih-alih memilih minuman dengan tingkat kafein yang tinggi seperti kopi. Minum air putih membantu metabolism tubuh yang lebih baik, dibandingkan dengan kopi, yang merupakan stimulan yang akan membuat Bunda lelah dalam beberapa jam.

2. Jaga Kebersihan Diri

Bunda mungkin akrab dengan popok si kecil yang kotor, makanan lengket, serta baju yang bekas digunakan berbau krim bayi dan keringat. Semua ini adalah bagian dari kehidupan seorang Ibu, tetapi pastikan Bunda menjaga kebersihan diri ya. Mandilah setiap hari, dan bersihkan diri Bunda setiap kali kotor. Ini membuat tubuh dan pikiran Bunda lebih segar.

3. Berolahraga

Pastikan Bunda melakukan pola olahraga yang baik ke dalam gaya hidup Bunda. Bunda bisa melakukan yoga atau senam aerobik ringan yang khusus ditujukan untuk Ibu pasca melahirkan. Berolahraga meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan tubuh Bunda, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berolahraga melepaskan hormon seperti kortisol dan endorfin, yang membuat Bunda merasa baik. Nah, nantinya ibu bisa juga berpengaruh untuk kelancaran ASI lho.

Simak tips selanjutnya yuk. Untuk informasi selengkapnya , klik NEXT ya!

Bunda, simak juga yuk perawatan tubuh untuk ibu menyusui dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Biaya Sekolah



(rap/rap)
Cara Merawat kecantikan di masa menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi