sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Cegah Puting Sakit, Perhatikan Posisi hingga Jadwal Menyusui Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 20 Dec 2020 17:23 WIB
breast pump on the table, in the background mother breastfeeds the baby caption

Jakarta - Momen pertama menyusui sepertinya menjadi perjuangan berat bagi sebagian Bunda. Tidak saja beradaptasi dengan ritme ASI yang terkadang naik turun, tetapi juga permasalahan puting bengkak

Seringkali, Bunda yang menyusui pertama kali mengeluhkan jika putingnya bengkak. Ini tentu saja bukan perkara mudah untuk dilalui terutama merasakan sakit di hari-hari awal.

Tetapi, perlu Bunda tahu bahwa hal ini merupakan hal yang normal dan semuanya akan baik-baik saja seiring adaptasi dari Bunda dan juga bayi. 


"Menyusui tidak seharusnya menyakitkan. Jika terjadi, biasanya itu merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang salah dan Bunda perlu menemukan cara untuk memperbaikinya," ujar Sandra Yates, seorang konsultan laktasi dari Vancouver, seperti dikutip dari laman Todaysparent.

Yates menambahkan bahwa rasa sakit di awal-awal merupakan hal wajar. Seiring dengan waktu, proses menyusui akan membaik dengan sendirinya menyesuaikan dengan semakin baiknya bayi dalam menyusu. 

Tetapi, Bunda memang perlu segera mencari solusi untuk menghilangkan rasa sakit tersebut karena dapat menyebabkan kerusakan pada puting dan penurunan produksi ASI.

Biasanya, salah satu hal yang dikeluhkan para busui di awal-awal yakni puting mereka membengkak. Tentu saja ini sangat tidak nyaman, bahkan menyakitkan. Puting yang sakit tidak saja membuat Bunda merasa kesakitan tetapi juga bayi menjadi rewel dan tidak sehat. 

Untuk itu, Bunda perlu melakukan tindakan preventif agar proses menyusui tetap lancar. Berikut ini 5 cara cegah puting bengkak pertama menyusui, seperti dikutip dari laman Very Well Family ya, Bunda:

1. Pastikan bayi Bunda menyusui dengan baik

Pelekatan saat menyusui yang baik menjadi salah satu kunci sukses menyusui. Selain membuat proses menyusui menjadi lancar, hal ini juga mencegah puting lecet.

Ketika bayi menempel pada payudara dengan benar, ia akan memasukkan seluruh puting Bunda serta beberapa areola di sekitarnya ke mulutnya. Puting susu harus berada jauh di dalam mulut bayi ya, Bunda.

Jika bayi baru lahir, biasanya Bunda hanya menempelkan di puting, dan gusinya akan menekannya saat ia mencoba mendapatkan ASI. Ketika bayi mengisap hanya pada puting sensitif, hal itulah yang dapat menyebabkan nyeri pada puting. 

Hal tersebut juga dapat menyebabkan bayi selalu lapar dan rewel karena tidak mendapatkan cukup ASI. Guna menghindarinya, pastikan pelekatan berjalan dengan baik sejak pertama kali menyusui ya, Bunda.

Jika Bunda tidak yakin apakah bayi Bunda menyusu dengan baik atau tidak, bicarakan dengan dokter, konsultan laktasi, atau komunitas menyusui sesegera mungkin untuk mendapatkan bantuan.

Untuk tips lainnya, simak yuk di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk pelekatan menyusui yang benar dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner menyusuiFoto: HaiBunda



5 Cara Cegah Puting Bengkak Pertama Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi