sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Mencegah Payudara Bengkak di Awal Menyusui, Dijamin Bebas Sakit

Annisa Karnesyia Selasa, 24 Nov 2020 08:15 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Di awal kelahiran bayi, wanita kerap mengalami masalah saat mulai menyusui. Salah satu yang sering terjadi adalah payudara bengkak hingga menyebabkan rasa sakit dan nyeri.

Pembengkakan payudara bisa disebabkan karena produksi ASI terlalu banyak, Bunda. Dalam kondisi ini, payudara akan menjadi besar, terasa kencang, dan lunak.

"Pembengkakkan bisa sampai ketiak dan pembuluh darah di permukaan payudara bisa menjadi lebih terlihat bahkan menonjol," kata Meredith Shur, MD, FACOG, ahli di bidang obgyn, dilansir Very Well Family.


Payudara bengkak normal terjadi dalam satu atau dua minggu pertama setelah kelahiran bayi. Peningkatan aliran darah ke payudara dan lonjakan suplai ASI bisa menjadi penyebabnya.

Jika Bunda sedang menyusui, tahap pembengkakan payudara akan membaik dalam beberapa hari. Hal ini berarti produksi ASI telah menyesuaikan kebutuhan bayi yang disusui.

Payudara bengkak memang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, masalah ini kerap memengaruhi proses menyusui.

Ibu menyusui yang mengalami masalah ini sebaiknya memperhatikan cara pemberian susu pada bayinya. Jika tidak benar, bisa menyebabkan komplikasi pada saat pemberian ASI.

"Jika payudara bengkak, puting bisa menjadi rata. Kondisi ini bisa membuat bayi frustasi dan kesulitan menyusu. Akibatnya, dia tidak mendapatkan cukup ASI," ujar Shur.

Selain itu, kalau pembengkakan tidak kunjung hilang dan bayi tidak dapat menyusu, produksi ASI bisa terganggu. Ketika ASI menetap di payudara, rangsangan untuk memproduksi ASI jadi menurun.

Payudara bengkak selama menyusui bisa diatasi kok, Bunda. Namun, sebelum menjadi parah, ibu bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa cara.

Apa yang harus dilakukan ibu untuk mencegahnya? Klik NEXT untuk tahu 5 cara mencegah payudara bengkak ya.

Banner Andy LauFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Simak juga cara melancarkan ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

5 Cara Mencegah Payudara Bengkak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi