sign up SIGN UP search


menyusui

3 Cara Mencegah Puting Bengkak dan Sakit Saat Pertama Kali Menyusui

Annisa Karnesyia Sabtu, 21 Nov 2020 13:26 WIB
Young mother breastfeeding at home, bonding with baby child toddler 3 Cara Mencegah Puting Bengkak dan Sakit Saat Pertama Kali Menyusui/ Foto: iStock
Jakarta -

Menyusui untuk pertama kali memang tidak mudah ya, Bunda? Beberapa ibu memiliki masalah yang berbeda saat menyusui buah hatinya, terutama pada bayi baru lahir.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah puting jadi bengkak, keras, dan sakit saat pertama kali menyusui. Masalah ini sebenarnya normal dialami ibu yang baru melahirkan.

Saat ASI diproduksi, payudara akan lebih berisi dan terasa kencang. Pada beberapa wanita, puting bisa menjadi bengkak dan disertai nyeri.


Menurut praktisi keperawatan Dr. Cynthia Cobb, kondisi puting ibu begitu penting saat pertama kali menyusui. Bayi mungkin akan kesulitan menemukan puting ibu jika bentuknya rata atau terbalik.

Pada kondisi tertentu, puting ibu juga bisa berubah menjadi keras saat bayi menyusu karena rangsangan. Puting keras, sakit, bahkan disertai lecet, bisa menjadi tanda mastitis.

"Faktanya, menyusui adalah salah satu penyebab paling umum dari infeksi jaringan payudara ibu. Mastitis biasanya terjadi pada ibu menyusui di masa-masa awal persalinan," kata Cobb, dilansir Healthline.

"Mastitis yang terjadi ini bisa karena saluran ASI yang tersumbat atau bakteri masuk ke payudara melalui puting," sambungnya.

Dalam buku Mitos & Fakta Seputar Kehamilan dan Persalinan oleh Essie Laksana, puting keras bisa terjadi karena memang belum terbiasa diisap bayi. Rasa sakit bisa muncul saat puting terasa keras.

Untuk mencegah kondisi ini, sebaiknya ibu mulai mempersiapkan proses menyusui saat hamil. Puting bisa dipersiapkan sejak minggu ke-37 kehamilan.

Bagaimana cara mencegah puting bengkak, keras dan sakit saat menyusui pertama kali?

Klik NEXT untuk penjelasan lengkapnya ya.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Simak juga tips menyusui yang benar ala dr.Reisa, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi