sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Cegah Puting Sakit, Perhatikan Posisi hingga Jadwal Menyusui Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 20 Dec 2020 17:23 WIB
5 Cara Cegah Puting Bengkak Pertama Menyusui
Mother's lullaby. Beautiful mom lulling newborn baby while sitting on sofa at home caption

2. Posisi menyusui yang baik

Posisi menyusui yang baik akan nyaman bagi Bunda dan juga bayi Bunda. Selain itu, posisi yang baik juga dapat mendorong pelekatan yang tepat. 

Bagi Bunda yang pertama kali menyusui, gunakan bantal menyusui atau bangku kaki saat menyusui. Aksesori menyusui ini dapat membantu mengangkat pangkuan si kecil dan membawanya untuk mendapatkan posisi mereka setinggi payudara Bunda.

Dengan begitu, proses menyusui lebih mudah dan Bunda pun tidak perlu membungkuk. Sebab, membungkuk sangatlah tidak nyaman, dan dapat membuat punggung, lengan, dan leher dapat tegang.


3. Lembutkan payudara agar bayi dapat menyusu dengan baik

Pembengkakan payudara biasa terjadi selama tahap transisi produksi payudara dimana kemungkinan besar akan Bunda alami dalam beberapa minggu pertama menyusui. Namun, payudara Bunda juga dapat membengkak jika Bunda melewatkan waktu menyusu.

Ketika payudara membengkak dan keras, inilah yang menyulitkan bayi yang baru lahir untuk menyusu. Untuk memudahkan bayi menyusu, Bunda dapat mengeluarkan sedikit ASI sebelum menyusui untuk menghilangkan kekencangan dan melembutkan jaringan payudara Bunda. 

4. Menyusui setidaknya setiap 2 hingga 3 jam

Bayi baru lahir memiliki perut kecil, dan mereka mencerna ASI dengan cepat dan mudah. Jadi, tidak heran jika mereka harus sering makan. Semakin lama Bunda menunggu untuk menyusui, bayi Bunda akan semakin lapar. Dan, jika bayi sangat lapar, ia bisa menyusu dengan lebih agresif.

Jika Bunda menunggu terlalu lama di antara waktu menyusui, payudara juga dapat membengkak sehingga lebih sulit bagi bayi Bunda untuk menyusu dengan baik. Dengan kombinasi pelekatan yang buruk dan isapan yang agresif dapat dengan cepat menyebabkan puting nyeri dan membengkak.

Bunda dapat mengurangi kemungkinan pembengkakan dan isapan yang terlalu kuat dengan menyusui setidaknya setiap 2 hingga 3 jam, dan sebelum mereka menjadi terlalu lapar.

5. Usahakan menjaga kesehatan kulit di sekitar puting dan payudara

Tidaklah sulit merawat payudara menyusui. Yang harus Bunda lakukan ialah membuatnya senantiasa lembut dan terlindungi.

Saat Bunda membersihkan payudara, bilaslah dengan air hangat dan hindari penggunaan sabun keras yang dapat mengeringkan, mengiritasi, dan memecahkan kulit payudara dan puting. 

Selain itu, tidak perlu menggunakan krim, salep, atau losion untuk mencoba mencegah masalah puting. Banyak produk yang dijual bebas dan tidak membantu. Faktanya, krim-krim tersebut justru bisa membuat puting yang sakit dan nyeri semakin parah.

Pastikan Bunda berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi jika bermasalah dengan puting atau menyusui. Dengan begitu, Bunda mendapatkan penanganan yang tepat demi kelancaran menyusui.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi