sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Menyapih Tanpa Sebabkan Payudara Bengkak dari Ahli Laktasi

Hilda Irach Senin, 14 Dec 2020 13:52 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption

Menyapih adalah masa-masa dimana si kecil berhenti menyusui. Menyapih boleh dilakukan pada anak usia 1 tahun, namun paling baik pada usia 2 tahun sesuai anjuran WHO.

Bunda pasti bingung kenapa sampai dua tahun?  Dokter laktasi atau konselor menyusui Elizabeth Margaretha, mengatakan bahwa dalam beberapa penelitian disebutkan  bahwa waktu tersebut ialah dimana anak-anak sudah mulai bisa diajari, memiliki karakteristik sendiri dan si kecil sudah mulai bisa mandiri. "Itu akan diterapkan supaya si kecil tidak kolokan atau manja," ujar Elizabeth dikutip dari akun YouTube miliknya pada Jumat (11/12/2020).

Jadi, jika si kecil sudah berusia 2 tahun ke atas dan masih menyusu, mengakibatkan anak akan ketergantungan sama ibunya nih, Bunda. "Dan ini yang tidak diharapkan oleh WHO juga, dari penelitian mengatakan bahwa itu tidak baik," tutur Elizabeth.


Kendati demikian manfaat ASI tidak berhenti sampai usia 2 tahun saja, Bunda. Manfaat ASI masih bisa Bunda berikan sampai si kecil berusia 7 tahun. "Terutama jika Bunda memiliki bayi, ASI yang dipompa masih bisa diberikan kepada kakaknya yang umur 5 tahun, misalnya," Tambahnya.

Namun, sebelum mulai menyapih. Beberapa tips dari Elizabeth ini harus Bunda perhatikan agar sukses menyapih tanpa rasa sakit dan sebabkan payudara bengkak:

1. Pantang membohongi

Kebanyakan para Bunda memilih membohongi anak agar si kecil mau berhenti menyusu. Padahal  membohongi tidak boleh dilakukan lho, Bunda. 

Justru sebaiknya, Bunda harus menjelaskan mengapa si kecil harus berhenti menyusu. Dan bukan berarti  langsung melarangnya begitu saja tanpa memberikan pengertian apa-apa.

Menurut Elizabeth, hal yang harusnya dilakukan para Bunda adalah memberikan pengertian dan pengajaran untuk si kecil kenapa harus berhenti menyusu di payudara ibunya. "Bunda bisa menyebutkan bahwa dia sudah besar, udah ada giginya, sudah bisa makan," ujar Elizabeth.

Jadi jangan diberi  bau-bauan atau rasa-rasa pahit ya, Bunda.  "Karena hal itu akan membuatnya menjadi trauma, jangan sampai breast feeding itu memberikan kenangan yang buruk untuknya," imbuh Elizabeth.

Lalu, bagaimana tips menyapih selanjutnya? Baca di halaman berikut yuk.

Simak yuk cara para Bunda seleb menyapih anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner susu



Tips Menyapih dari Ahli Laktasi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi