sign up SIGN UP search


menyusui

Untung Rugi Pemakaian Nipple Shield pada Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Selasa, 29 Dec 2020 11:03 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Bunda pernah dengar nipple shield atau pelindung puting? Nipple shield umumnya digunakan untuk mengatasi masalah menyusui yang dialami ibu.

Nipple shield dibuat dari bahan silikon fleksibel yang dikenakan di puting ibu saat menyusui. Penggunaan nipple shield harus dikonsultasikan dulu ke dokter atau konsultan laktasi, Bunda.

"Nipple shield dianggap sebagai solusi jangka pendek masalah menyusui," kata konsultan laktasi Kelly Bonyata, BS, IBCLC, dikutip dari Kelly Mom.


Seringkali, nipple shield disarankan dalam beberapa hari pertama usai melahirkan. Namun, hanya diberikan pada kondisi tertentu sesuai saran dokter.

Saat menggunakan nipple shield, Bunda perlu mengawasi dengan cermat ASI yang diminum si kecil. Selain itu, kita perlu menghitung popok basah bayi setiap hari.

"Minimal 6 popok basah dalam periode 24 jam. Pastikan juga bayi buang air besar setidaknya tiga kali dalam sehari jika berusia kurang dari 5 sampai 6 minggu," ujar Kelly.

Berikut 4 kondisi yang membuat ibu menggunakan nipple shield, seperti dilansir Flo:

1. Bayi prematur

Bayi lahir prematur terkadang membutuhkan waktu lama untuk menyusui. Bayi dengan kondisi ini mungkin belum memiliki refleks menyusui yang baik. Nipple shield bisa digunakan untuk mendorong mereka menempel di puting ibu dan menyusui.

2. Puting datar, pendek, atau terbalik

Nipple shield dapat membantu bayi menarik puting ibu yang datar, pendek, atau terbaik. Produk menyusui ini juga bisa merangsang bayi menghisap puting ibunya.

3. Puting sakit

Menyusui bisa menyakitkan bagi ibu, terutama setelah melahirkan. Nipple shield dengan ukuran tepat dapat menjadi solusi jangka pendek untuk mengatasi puting pecah-pecah, sakit, atau mengelupas.

4. Bingung puting

Pemberian botol susu bisa bikin anak bingung puting. Nipple shield adalah cara mudah untuk membantu masa transisi bayi dari botol ke payudara. Bentuk nipple shield mirip dengan dot botol, Bunda.

Penggunaan nipple shield bisa memberi keuntungan dan kerugian bagi ibu dan bayinya? Apa saja?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Lesti Kejora
(ank/rap)
Keuntungan dan kerugian menggunakan nipple shield
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi