sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Memulai Relaktasi, Proses Menyusui Kembali Setelah Sempat Berhenti

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 31 Dec 2020 12:17 WIB
Asian mother holding a 1.5-month-old child, leaning over her shoulder caption

Jakarta - Perjuangan menyusui memang tidaklah mudah. Tak sedikit ibu menyusui yang berhenti atas berbagai alasan, tetapi di kemudian hari ingin kembali melanjutkan menyusui. Hmm, bisakah menyusui lagi setelah berhenti ya, Bunda?

Bagi Bunda yang ingin menyusui lagi setelah berhenti ternyata bisa-bisa saja kok. Proses ini disebut relaktasi. Relaktasi merupakan proses melanjutkan menyusui setelah masa tidak menyusui atau menyusui sangat sedikit, seperti dikutip dari laman Mother Love.

Penelitian menyebutkan bahwa dengan dukungan yang tepat, sebagian besar Bunda dapat relaktasi atau menyusui lagi setelah berhenti dengan sebagian atau seluruhnya. Tetapi, perlu diingat bahwa Bunda perlu mendapatkan dukungan dari tim pendukung menyusui yang terlatih.


Menurut Nancy Mohrbacher, IBCLC, Bunda yang ingin merencanakan relaktasi atau menyusui lagi bisa setelah berhenti selama satu bulan.

"Ada dua bagian terkait relaktasi yang sangat penting diketahui ibu menyusui yakni mengembalikan suplai ASI dan membawa bayi kembali ke payudara. Dan saat mengerjakan proses ini, perlu juga dipastikan bahwa bayi Bunda tetap terus berkembang. Tetapi hal yang paling penting ialah teruslah mencari dukungan," ujarnya.

Mendapatkan dukungan merupakan faktor yang sangat penting. Dalam sebuah penelitian, para ibu yang sukses menyusui lagi setelah berhenti biasanya menerima bantuan terampil di mana ini mungkin memengaruhi tingkat keberhasilan dalam melakukan relaktasi. 

Misalnya saja dengan berkonsultasi pada konsultan laktasi, dokter anak yang ramah menyusui, atau orang yang mendukung menyusui dan terlatih lainnya. Keberadaan bantuan terlatih tersebut sangatlah penting ya Bunda. Sehingga, jangan meremehkannya terutama kekuatan penting dari ibu, keluarga, dan juga teman-teman.

Apa yang harus Bunda lakukan setelah ini, baca di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak yuk tips menyusui yang benar ala dokter Reisa dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiFoto: Mia Kurnia Sari



5 tips agar Bunda bisa menyusui lagi setelah berhenti
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi