sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Kacang Hijau untuk Busui, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan Lho

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 29 Dec 2021 15:26 WIB
Ilustrasi wanita makan atau diet caption

Jakarta - Selain lezat, semangkuk bubur kacang hijau memang memberikan nilai gizi tinggi ya, Bunda. Sajian ini sangat pas sekali untuk dikonsumsi ibu menyusui agar mendapatkan manfaat kacang hijau untuk busui secara maksimal.

Ya, kandungan gizi dari kacang hijau memang tak diragukan lagi ya, Bunda. Karena, kacang hijau sendiri kaya akan zat besi yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah yang bermanfaat untuk pertumbuhan bayi.

Selain itu, kacang hijau juga kaya akan serat makanan yang dapat membantu mencegah sembelit. Kacang hijau juga kaya mineral dan vitamin lainnya seperti thiamin, riboflavin, asam folat, niasin, vitamin B6, asam pantotenat, vitamin E, vitamin D, vitamin C, vitamin K, dan kalsium.


Tak hanya itu, kacang hijau juga kaya kalium, magnesium, fosfor, zinc, tembaga, dan mangan. Semua nutrisi tersebut pun dapat membantu memperkaya ASI dan baik untuk kesehatan bayi secara umum, seperti dikutip dari laman Babyment.

Banner Teh DietBanner Teh Diet/ Foto: HaiBunda/Mia

"Kacang hijau adalah kacang-kacangan, satu keluarga dengan kacang dan lentil. Asupan ini dikemas dengan potasium, magnesium, folat, serat, dan vitamin B6," ujar Lauren Slayton, MS, RD, founder of Foodtrainers, seperti dikutip dari laman Wellandgood.

Secara umum, wanita khususnya memerlukan asupan kacang hijau yang kaya magnesium. Apalagi, kebanyakan wanita kekurangan magnesium dan membutuhkan asupan tersebut dengan cukup untuk mengontrol stres dan memperbaiki otot.

Bunda yang sedang menyusui pun dapat mengambil manfaat kacang hijau untuk busui sebagai makanan alternatif untuk konsumsi harian. Selain membantu melancarkan ASI dan membuatnya lebih berkualitas, berbagai manfaat kacang hijau untuk busui juga dapat diambil lho, Bunda.

Berikut ini beberapa di antaranya seperti dikutip dari laman Drhealthbenefits:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Setiap orang mungkin kerap mengalami masalah pencernaan. Baik ibu hamil maupun menyusui dapat mengonsumsi ekstrak kacang hijau sebagai alternatif cara mengatasi masalah pencernaan tanpa membahayakan bayi ya, Bunda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 4 makanan yang perlu Bunda hindari saat menyusui di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



5 MANFAAT KACANG HIJAU UNTUK BUSUI YANG SERING TAK DIKETAHUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!