sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Tak Terduga Minyak Kelapa untuk Ibu Menyusui & Bayinya

Erni Meilina Sabtu, 02 Jan 2021 11:50 WIB
Minyak kelapa caption

Jakarta – Bunda sedang menyusui dan kerap merasa kesakitan saat memompa ASI? Nah tenang, Bunda, ada minyak kelapa yang bisa membantu meredakannya nih. Banyak ibu menyusui berbagi pengalaman dan mengatakan bahwa mengoleskan minyak kelapa pada payudara, dapat membantu proses memompa ASI lebih nyaman.

Minyak kelapa juga memiliki khasiat yang bermanfaat tidak hanya untuk kulit, tetapi untuk seluruh tubuh Bunda lho. Bahkan untuk si kecil. Minyak kelapa mendukung keseimbangan peradangan dengan memberikan sifat antioksidan, termasuk vitamin E alami yang bermanfaat bagi tubuh.

Cara mengaplikasikan minyak kelapa pun mudah lho, Bunda. Dilansir Exclusive Pumping, Bunda hanya perlu mencelupkan jari Bunda ke dalam minyak, lalu menggosokkannya pada kulit Bunda, puting, atau kalau si kecil terkena ruam popok, cukup mengoleskan minyak kelapa kepada bagian kulit yang terkena ruam. Setelah selesai Bunda dapat menggunakan tisu bayi untuk menyeka tangan setelah selesai mengoleskan minyak kelapa.


Bagi Bunda yang penasaran apa saja sih manfaat dari minyak kelapa ini, khususnya untuk Bunda-bunda yang dalam fase menyusui. Dikutip dari Up Spring Baby, ini dia deretan manfaat minyak kelapa untuk Ibu menyusui.

Manfaat minyak kelapa:

1. Perawatan Kulit

Tau enggak sih, Bunda, kalau minyak kelapa itu terbuat dari lemak jenuh yang berguna untuk membantu menjaga kelembapan kulit, lho. Minyak kelapa adalah pelembab kulit dengan mengeluarkan aroma harum dan alami, serta menenangkan dan menutrisi, tanpa risiko iritasi pada kulit.

Sebagai pengganti bahan kimia yang keras, minyak kelapa bekerja sangat baik sebagai penghapus riasan. Cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada kapas atau bantalan penghapus riasan, lalu seka riasan dengan lembut. Perlu Bunda ingat untuk membilas area wajah dengan air agar menghilangkan minyak berlebih.

Untuk perawatan kulit seluruh tubuh, oleskan minyak kelapa ke tangan, kaki, bibir, dan kutikula kapan pun Bunda merasa kering, atau ingin menambah kelembapan. Minyak tidak yang cepat terserap akan membantu menjaga kulit selembut dan sehalus kulit bayi. Untuk Ibu hamil dapat menggunakan minyak kelapa untuk membantu mencegah dan memperbaiki stretch mark. Minyak kelapa meresap jauh ke dalam kulit untuk menutrisi dan melembabkan perut Bunda yang membesar.

2. Menyusui

Begitu bayi lahir, Bunda dapat menggunakan minyak kelapa saat menyusui untuk menenangkan dan membantu memperbaiki puting yang sakit dan pecah-pecah. Cukup oleskan sedikit minyak kelapa langsung ke puting. Karena minyak kelapa bersifat alami, tidak perlu diseka sebelum menyusui karena bayi boleh mengkonsumsinya.

Menurut Dr. Thomas Hale, minyak kelapa sebenarnya diberikan kepada bayi yang lahir secara prematur. Menanggapi pertanyaan tentang apakah minyak kelapa aman digunakan pada payudara saat menyusui, Thomas mengatakan, “Sebagai minyak alami, hampir tidak ada senyawa alergenik. Jadi, jika Anda menggunakan minyak kelapa bermutu tinggi, saya tidak akan khawatir tentang penggunaannya sama sekali, atau khawatir tentang alergi.” Thomas menanggapi.

Untuk Bunda yang mengonsumsi minyak kelapa akan melihat manfaat dari peningkatan kadar lemak anti-mikroba atau yang disebut dengan asam lemak rantai menengah atau MCFA. Menurut sebuah studi oleh American Journal of Clinical Nutrition, lemak asam laurat, dan asam kaprat ini melindungi dari infeksi virus, bakteri, dan parasit berbahaya, sehingga mendukung sistem kekebalan untuk bayi Bunda.

Untuk tahu lebih banyak tentang manfaat minyak kelapa, BACA HALAMAN BERIKUTNYA!

Bunda, simak juga ya cara mengatasi mastitis seperti dialami Citra Kirana, seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiFoto: Mia Kurnia Sari

(rap/rap)
Minyak Kelapa Memiliki Berbagai Manfaat untuk Ibu Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi