sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Menyusui Bayi Baru Lahir, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan

Erni Meilina Sabtu, 16 Jan 2021 16:59 WIB
ilustrasi ibu usai melahirkan caption

Jakarta - Selamat ya, Bunda atas kelahiran sang buah hati. Bunda mungkin tahu bahwa setelah si kecil lahir, bayi akan diletakkan tengkurap di atas dada atau perut Bunda sejajar dengan puting susu Bunda. Kulit si kecil dan kulit Bunda akan bersentuhan atau biasa disebut dengan kontak skin-to-skin

Dilansir Unicef, kontak skin-to-skin segera setelah lahir hingga akhir menyusui pertama kali juga memiliki banyak manfaat lain. Telah terbukti bahwa kontak skin-to-skin dapat meningkatkan kemungkinan bayi disusui, memperpanjang masa menyusui, dan juga meningkatkan tingkat pemberian ASI eksklusif.

Meski demikian, masih ada saja praktik membuang kolostrum, yaitu susu pertama Bunda.Padahal dikutip dari IDAI, kolustrum kaya akan immunoglobulin A. Kolustrum berfungsi sebagai lapisan saluran cerna agar kuman tidak bisa masuk ke dalam aliran darah. Dengan demikian, hal ini dapat melindungi Si Kecil sampai sistem kekebalan si kecil berfungsi dengan baik.


Menyusui Si Kecil sejak dini akan mengurangi angka kematian bayi serta mendorong pemberian ASI eksklusif. Menyusui bayi sejak dini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, Bunda. Sebab dengan adanya kontak skin-to-skin, akan ada bakteri baik dari kulit Bunda yang masuk ke tubuh Si Kecil.

Bunda juga enggak perlu khawatir jika dalam waktu satu jam Si Kecil masih belum bisa menyusu. Dengan adanya kontak skin-to-skin, hal ini akan meningkatkan keberhasilan Bunda untuk menyusui. Bunda akan dibantu untuk mendekatkan Si Kecil ke puting susu Bunda. Setelah itu, beri waktu si kecil melanjutkan proses menyusui sampai satu jam.

Tahukah Bunda, kalau dalam pemilihan rumah sakit pun bisa menjadi faktor penting dalam melakukan persalinan. Rumah sakit atau pusat kesehatan yang ramah bayi memberikan dukungan yang dibutuhkan wanita untuk menyusui Bunda. Khususnya dengan mengikuti Sepuluh Langkah Menuju Sukses Menyusui. 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, BACA HALAMAN BERIKUTNYA.

Simak juga tips menyusui yang benar ala dr. Reisa Broto Asmoro, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner GKR Bendara
Melahirkan caesar sering jadi kekhawatiran Bunda untuk menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi