sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Membersihkan & Mensterilkan Botol Susu Bayi, Bunda Wajib Tahu

Erni Meilina Kamis, 14 Jan 2021 20:49 WIB
Baby bottle with milk and manual breast pump. A lot of full bottles with breast milk on the background. Mother's milk - the most healthy food for newborn caption

Menjaga kesehatan Si Kecil bisa dimulai dari kebersihan botol bayi dan cara sterilisasinya. Ini dibutuhkan karena menyangkut sistem kekebalan tubuh Si Kecil yang masih rentan terkena infeksi.

Perlu diingat bahwa baik ASI dan susu formula ini rentan terkontaminasi oleh bakteri, Bun. Bunda harus menyimpan ASI atau susu formula dengan baik dan benar ke dalam botol susu yang sudah bersih dan steril. Inilah mengapa penting untuk mensterilkan semua peralatan menyusui.

Adapun cara mencuci dan sterilisasi botol bayi seperti dilansir NHS UK adalah sebagai berikut;


Cuci dengan air panas

Sebelum membersihkan dan mensterilkan botol susu Si Kecil, hal pertama yang perlu Bunda lakukan adalah mencuci tangan. Kemudian bersihkan botol, dot, dan peralatan makan lainnya dengan sabun dan air panas sesegera mungkin setelah menyusui.

A Pretty baby girl drinks water from bottle lying on bed. Child weared diaper in nursery room.Ilustrasi botol susu bayi/ Foto: iStock

Gunakan sikat botol yang bersih untuk membersihkan botol dan sikat dot kecil untuk membersihkan bagian dalam dot. Bunda juga bisa membalikkan bagian ujung dot lalu mencucinya dengan sabun dan air panas.

Penting untuk diingat, jangan gunakan garam untuk membersihkan ujung dot karena bisa berbahaya bagi Si Kecil. Bunda juga dapat meletakkan peralatan makan si kecil di mesin pencuci piring untuk membersihkannya. Tapi ingat, metode dengan mesin ini hanya membersihkan dan namun tidak mensterilkannya. 

Pastikan botol, tutup dan dot menghadap ke bawah. Bilas semua peralatan yang sudah dicuci dengan air bersih yang mengalir dingin sebelum mensterilkan botol susu.

Cara mensterilkan botol susu Si Kecil

Meskipun botol dan dot terlihat bersih, masih memungkinkan adanya kandungan kuman. Jadi, penting untuk Bunda mensterilkan peralatan menyusui dengan benar. Melansir Pregnancy Birth Baby, ada tiga metode yang bisa Bunda praktekkan di rumah untuk mensterilkan botol susu si kecil. Dengan cara direbus dengan air mendidih, sterilisasi uap, dan sterilisasi kimiawi.

Untuk mengetahui langkah-langkah tepat ketiga metode di atas lihat di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bun.

Bunda juga bisa menyimak video berikut mengenai 'drama' ASI yang dialami oleh Bunda Marissa Nasution.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Pramugara Sriwijaya





(ziz/ziz)
Cara Sterilisasi Botol Bayi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi