sign up SIGN UP search


menyusui

Selain ASI Booster, Ini Lho 4 Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

Inkana Putri Minggu, 10 Jan 2021 10:11 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Tahukah Bunda kalau pemberian ASI eksklusif berdampak terhadap tumbuh tumbuh kembang Si Kecil, serta melindunginya dari bahaya infeksi? Sayangnya, hasil survei Clinical Epidemiologi & Biostatistic Unit, Fakultas Kedokteran UGM mencatat sebanyak 38 persen ibu berhenti memberi ASI karena produksi ASI yang tak mencukupi.

Kendala suplai ASI memang sering sekali jadi masalah ibu menyusui. Buat Bunda yang juga mengalami hal serupa, cobalah untuk konsumsi laktogogue herbal seperti daun katuk. Apalagi manfaat daun katuk untuk ibu menyusui sudah terkenal secara turun temurun.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam websitenya menyebut laktogogue merupakan obat atau zat yang mampu merangsang atau meningkatkan produksi ASI. Dalam hal ini, daun katuk menjadi salah satu laktogogue herbal yang secara tradisional aman dan efektif untuk meningkatkan produksi ASI.


Lalu, seberapa besar sih manfaat daun katuk untuk ibu menyusui? Apakah benar daun katuk mampu membuat produksi ASI lancar? Simak ulasannya berikut yuk, Bunda.

1. Sumber nutrisi ibu menyusui

Sebuah penelitian Media Litbang Kesehatan Tahun 2004 Effectiveness of The Sauropus Androgynus (L.) Merr Leaf Extract in Increasing Mother's Breast Milk Production menjelaskan tiap 100 gram daun katuk mengandung berbagai sumber nutrisi. Adapun nutrisi tersebut antara lain kalori, air, protein, lemak, karbohidrat, vitamin B6 dan vitamin C.

Selama menyusui, Bunda tentu perlu sumber nutrisi yang baik agar ASI yang dihasilkan pun berkualitas. Dengan mengonsumsi daun katuk, sumber nutrisi Bunda tentunya akan terpenuhi.

2. Aman untuk bayi

Sejak dahulu, daun katuk memang telah banyak digunakan secara tradisional di Indonesia. Bahkan, IDAI menyebut daun katuk aman untuk dikonsumsi ibu menyusui. Penelitian yang sama juga menjelaskan hasil uji daun katuk pada mencit menunjukkan tidak menimbulkan kecacatan pada janin, serta tidak menimbulkan kelainan pada organ tubuh.

3. Meningkatkan produksi ASI

Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui ternyata terbukti bisa meningkatkan produksi ASI lho, Bunda. Penelitian menyebut pemberian ekstrak daun katuk pada kelompok ibu melahirkan dan menyusui dapat meningkatkan produksi ASI hingga 66,7 ml atau sebanyak 50,7 persen. Bahkan sebelumnya mereka menyatakan produksi ASI selama ini kurang atau rendah.

Simak juga Bunda, jenis makanan yang mampu memperbanyak jumlah ASI dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19

(som/som)
Menjaga kualitas ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi