sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Meningkatkan Kualitas ASI demi Hasilkan Gizi Terbaik

Tim HaiBunda Selasa, 26 Jan 2021 20:33 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Menghasilkan ASI ternyata tidak semudah itu, Bun. Harus ada kerja sama yang baik dari orang-orang sekitar selaku support system Bunda, nutrisi yang diasup, dan pengetahuan mengenai ilmu laktasi.

Jika ketiga hal ini bisa menunjang Bunda dengan baik, maka kemungkinan besar kualitas ASI eksklusif pun akan meningkat. Tapi bagi Bunda yang masih bingung mengenai hal ini, yuk mari bahas bersama tips-tips tingkatkan kualitas ASI berikut;

Hindari Stress dalam Keseharian

Saat Bunda stres, produksi ASI akan menurun kualitas maupun kuantitasnya. Sebab, hormon stres yang ada di tubuh bisa memengaruhi produksi ASI secara signifikan. Stres pada ibu menyusui bisa disebabkan karena lingkungan sekitar, kurang tidur, dan kurang nutrisi.


Jika sudah merasa kewalahan akan semua tugas-tugas menjadi ibu, tidak ada salahnya meminta bantuan, Bun. Pertolongan pertama bisa didapat dari suami, kemudian Bunda juga bisa meminta bantuan dari keluarga terdekat.

Untuk bantuan self-healing sendiri bisa dimulai dengan mendekatkan diri pada Yang Kuasa. Rajinlah juga melakukan olahraga ringan macam Yoga ya, Bun. Tidak ada salahnya juga untuk Me Time sesaat, Bun. Cukup 1 - 2 jam untuk menenangkan diri dan nantinya bermanfaat untuk peningkatan kualitas ASI.

Rutin Memompa ASI

ASI yang rajin dipompa sama artinya dengan merangsang payudara untuk terus-menerus menghasilkan susu. Jika ada waktu luang, disiplinkan waktu untuk memerah ASI untuk kemudian ditampung.

Penyimpanan di lemari es bisa membuat ASI bertahan selama 3 - 4 hari. Sedangkan penyimpanan di freezer bisa membuat ASI bertahan selama maksimal 6 bulan. Tapi dengan catatan bahwa ASI disimpan di kantong/botol kedap udara, jangan lupa juga cantumkan tanggal dan jumlah ASI yang tertampung di dalamnya ya, Bun.

Jika ingin dikonsumsi oleh Si Kecil, silakan Bunda hangatkan lebih dulu. Namun mohon jangan menggunakan microwave karena dikhawatirkan akan membunuh bakteri baik yang ada di dalam ASI.

happy family photo of mother and daughter breastfeeding her babyIlustrasi menyusui/ Foto: iStock

Utamakan Konsumsi Buah dan Sayuran

Kualitas ASI hanya bisa bagus jika tubuh Bunda mendapatkan vitamin dengan dosis cukup. Cara mendapatkan vitamin yang mudah adalah dengan rutin makan buah dan sayuran. Vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan vitamin E mampu membantu produksi ASI dan meningkatkan kualitasnya.

Seimbangkan Konsumsi Mineral Setiap Harinya

Selain nutrisi dari buah dan sayur, Bunda juga harus konsumsi makanan lain untuk dapatkan kandungan mineral macam kalium iodin, zat besi, kalsium, zink, magnesium, dan asam folat. Kesemua kandungan ini didapat dari daging ikan, sumsum tulang, dan susu.

Gunakan Suplemen Menyusui

Suplemen menyusui dianggap sebagai penambah dari semua nutrisi, gizi, dan mineral yang sudah Bunda asup dari makanan dan minuman. Kandungan dalam suplemen tersebut biasanya membantu meningkatkan kualitas nutrisi ASI.

Silakan konsultasi dulu dengan Konsuler Laktasi atau Dokter Anak untuk memilih kandungan suplemen yang tepat ya, Bun. Dikhawatirkan ada kandungan zat tertentu yang malah tidak baik jika terkonsumsi oleh Si Kecil. (PK)

Semoga dengan panduan di atas, asupan ASI Bunda lancar dan Si Kecil pun sehat ya. Simak juga video berikut mengenai April Jasmine, istri dari Solmed, yang mengaku tidak bisa keluar kamar selama lima bulan selama meng-ASI-hi putra kembarnya.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Deva Rachman
(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi