sign up SIGN UP search


menyusui

6 Penyebab Bayi Menolak Menyusui & Cara Mengatasinya

Zika Zakiya Minggu, 07 Feb 2021 19:27 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Bagaimana kabar Bunda setelah melahirkan dan kini sedang menyusui? Tetap semangat ya, Bun karena kedua proses ini sama melelahkannya.

Khusus untuk Bunda menyusui, sudahkah menemui 'drama ASI'? Wah tetap tegar ya, Bun karena memang menyusui ngga lengkap tanpa ada drama macam ini. Haha..

Salah satu drama yang sering dialami adalah ketika bayi menolak menyusui. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini. Dikutip dari buku 365 Tip Mengasuh Bayi karya Penny Warner, berikut pembahasannya.


Alasan Bayi Menolak Menyusui

1. Napas tersumbat

Penyebab bayi menolak menyusui bisa jadi karena napas yang terhambat. Pastikan posisi payudara Bunda tidak menutup lubang hidung Si Kecil ya.

Karena ketika Si Kecil menyusui di mana mulutnya sedang melekat di payudara, hidung menjadi satu-satunya sarana ia bernapas. Ia akan mengatur aliran udara yang masuk ke tubuh sembari mengasup gizi dari Bunda.

2. Posisi
Posisi memang segalanya dalam menyusui. Ketika Si Kecil merasa tidak nyaman, ia akan berontak dan menolak payudara.

Cobalah pastikan ia berada dalam posisi yang nyaman. Jika ia sudah berusia di atas 6 bulan, jangan kaget jika ia bisa sambil jumpalitan saat menyusui.

happy family photo of mother and daughter breastfeeding her babyIlustrasi menyusui/ Foto: iStock

3. Nafsu makan
Bisa jadi ketika Bunda memberinya ASI, ia sedang tidak lapar. Jadi perhatikan dengan baik jam-jam Si Kecil menyusui dan tanda-tanda ia sedang lapar atau tidak.

Ada tiga faktor lain yang membuat bayi menolak menyusui, lihat di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bun!

Simak juga video berikut mengenai cerita drama menyusui dari Marissa Nasution yang punya susu melimpah namun Si Kecil enggan menyusu.

[Gambas:Video Haibunda]



Faktor yang Membuat Bayi Menolak Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi