sign up SIGN UP search


menyusui

Ajari Bayi Menyusu Segera Setelah Lahir, Kunci Keberhasilan ASI Eksklusif

Melly Febrida Rabu, 24 Mar 2021 12:32 WIB
Inisiasi Menyusui Dini atau IMD caption

Ketika bayi baru lahir dan tangisannya mulai terdengar, rasanya seluruh hidup Bunda pasti berubah. Akan ada banyak hal baru yang Bunda dan Si Kecil saling pelajari dari satu sama lain, salah satunya adalah tentang proses menyusui.

Idealnya belajar menyusui diawali dengan proses Inisiasi Menyusu Dini segera setelah bayi lahir. Jika bayi dan Bunda dalam keadaan stabil, IMD dilakukan dengan cara meletakkan Si Kecil di dada Bunda dalam keadaan kulit bersentuhan, lalu membiarkannya menemukan puting Bunda. 

Perlu Bunda ingat bahwa momen ini adalah awal dari proses belajar. Si Kecil takkan langsung paham caranya menyusu, bahkan mungkin ia akan terdiam lama. Dr Jack Newman, dokter spesialis anak dan Teres Pitman, ahli laktasi internasional mengatakan bayi biasanya diam, namun waspada dalam satu atau dua jam pertama. 

"Kalau Bunda tenang dan tak terburu-buru, bayi akan memberi tanda siap menyusu dalam waktu 10 menit, 15 menit, atau sejam setelah kelahiran," kata Newman.

banner resep tahu


Ketika bayi diletakkan ke payudara, biasanya ia hanya akan menjilat atau menyenggol puting. 

"Ini wajar dan Si Bayi tidak perlu dipaksa untuk menempel ke payudara. Kenyataannya, apabila bayi terus dipaksa untuk menempel ke payudara ketika ia tak mau menempel, seperti yang banyak dilakukan suster dan konsultan laktasi yang belum berpengalaman, bayi mungkin akan menolak menyusu" kata Newman dikutip The Ultimate Breastfeeding Book of Answers.


Beberapa bayi akan terlihat diam apabila dipisahkan dari Bunda sebelum mulai menyusu pertama kali. Padahal, periode awal saat bayi waspada tapi diam itulah menjadi penentu keberhasilan proses menyusui.

Apabila bayi sudah mengantuk dan susah dibangunkan untuk disusui, maka semakin lama bayi tidak menyusu. Nantinya, akan semakin sulit bayi tertarik untuk menempel ke payudara.

"Kebanyakan, tapi tidak semua, ibu dan bayi akan belajar menyusu bahkan jika si bayi tidak secepatnya dikenalkan pada payudara. Tetapi sebaiknya lakukan secepat mungkin, karena kita tidak bisa memperkirakan bayi mana yang kesulitan akibat awal yang terlambat," ujar Newman.

Para peneliti telah mendokumentasikan bayi yang baru lahir merangkak di atas perut ibunya tanpa bantuan staf medis. Bayi ini bisa menemukan serta melekat pada payudara. Namun ada juga bayi yang memerlukan bantuan lembut dari ibunya. Bahkan, ada pula beberapa ibu dan bayi membutuhkan sedikit bantuan dari perawat dan tenaga kesehatan.

"Tidak ada gunanya memaksa bayi untuk menyusu ketika ia tidak mau. Pemaksaan hanya akan membuatnya kesal, marah, atau ia akan langsung tidur," kata Newman.

Faktor apa yang menentukan proses menyusui dilakukan dengan tepat dan optimal? Cari tahu jawabannya di halaman selanjutnya.

Terkadang, bentuk puting Bunda memegang peranan penting dalam menyusui. Bunda simak informasinya di video berikut dulu yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

KUNCI KEBERHASILAN PROSES MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi