sign up SIGN UP search


menyusui

Bun, Ini Peran Penting Hormon Prolaktin Bagi Produksi ASI

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 18 Mar 2021 20:15 WIB
Two people, mother taking a break from exercising to breastfeed her baby son at home. caption

Berbicara mengenai produksi ASI, hal ini memang tidak terlepas dari peranan hormon di dalamnya ya. Salah satu hormon yang memiliki peran penting yakni hormon prolaktin.

Hormon prolaktin dikenal sebagai "mothering hormone" karena ia membuat susu dan beberapa ahli percaya bahwa hormon ini memiliki efek penenang.

Selain itu, hormon prolaktin memegang peranan amat penting untuk proses menyusui. Tanpa hormon ini, maka tidak pernah akan ada ASI. Hormon prolaktin akan bekerja sekiranya minggu kedelapan kehamilan dan perlahan-lahan meningkat jumlahnya selama tujuh bulan berikutnya, dan akan memuncak pada kelahiran bayi.


Dengan tingkat hormon prolaktin yang tinggi yang mengalir ke seluruh tubuh, Bunda juga akan merasakan ASI yang mengalir, kecuali ketika tubuh memproduksi estrogen dan progesteron tingkat tinggi di mana dapat menghalangi beberapa reseptor prolaktin dan menghambat produksi ASI.

Banner Ciri Suami Sayang Istri

Oh ya, Bunda, selama kehamilan, hormon prolaktin sendiri bekerja membantu perkembangan jaringan payudara Bunda sebagai persiapan menyusui. Setelah kelahiran, hormon prolaktin disekresikan setiap kali bayi menyusu atau payudara Bunda dipompa.

Dalam kerjanya, hormon prolaktin sendiri mengirimkan pesan kepada kelenjar pituitari untuk terus membuat susu bagi bayi Bunda. Semakin banyak Bunda menstimulasi payudara Bunda, maka semakin banyak hormon prolaktin yang dilepaskan dan semakin banyak pula ASI yang dihasilkan, seperti dikutip dari laman Motherlove.

Klik halaman selanjutnya untuk baca lebih lanjut.

Dapatkan resep ASI Booster enak di video berikut, Bun:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA DAN WAKTU KERJA HORMON PROLAKTIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi