sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Tidur Saat Waktu Menyusui, 12 Cara ini Bisa Membangunkannya

Melly Febrida Minggu, 21 Mar 2021 19:52 WIB
Close-up of sleeping baby hand in the mother's hand on the bed. New family and baby sleep concept caption

Lihat bayi baru lahir tertidur pulas, rasanya tidak tega untuk membangunkannya demi menyusui. Tapi, itu sangat penting untuk kesehatannya dan suplai ASI Bunda. Lantas, bagaimana ya cara membangunkan bayi yang baik ya?

Bunda mungkin pernah mendengar kalau Bunda tidak boleh membangunkan bayi yang sedang tidur, tetapi itu tidak selalu terjadi.  

Beberapa bayi yang baru lahir akan bangun untuk menyusui tanpa bantuan apa pun. Tapi, ada juga yang mungkin mengantuk dan perlu dibangunkan. 

"Bayi baru lahir tumbuh dengan cepat, itulah sebabnya mereka tampak seperti mesin makan kecil. Tubuhnya tidak bisa banyak istirahat, dan Anda juga tidak bisa," kata Marvin Resmovits adalah dokter anak bersertifikat di Kidz Kare of Great Neck, di Great Neck, New York, mengutip What to Expect.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan membangunkan bayi untuk menyusu jika ia tidur lebih dari empat jam pada waktu selama dua minggu pertama.

Resmovits menjelaskan, bayi mencerna ASI dengan mudah dan cepat. Pencernaan yang cepat itu, ditambah dengan perut mungil Si Kecil yang pada 2 minggu pertama hanya sedikit lebih besar dari bola ping-pong. Ini berarti bayi memiliki kebutuhan fisiologis untuk menyusu setiap dua hingga tiga jam.  

Banner skincare 7 artis anti-mahal

Bayi yang diberi susu formula dapat menghabiskan waktu tiga hingga empat jam di antara waktu menyusu selama bulan pertama karena susu formula membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Bayi juga bisa tertidur karena lapar. Bunda bisa melihat isyarat laparnya bayi dari bibir, rooting, dan hisapan jari, belum lagi tangisan saat perutnya kosong, yang menandakan waktunya Bunda menyusui.  

"Namun selama beberapa minggu pertama saat mengantuk di rumah, bayi terkadang bisa tertidur saat alarm menyusu, dalam hal ini mereka perlu dibangunkan," kata Resmovits.

Memang, membangunkan bayi baru lahir untuk menyusu tidak selalu mudah. Kalau Bunda berusaha menyusui bayi yang mengantuk, mungkin mendapat tantangan.  

Dikutip Very Well Family, Meredith Shur, MD, bilang dengam sering menyusui bayi, mereka akan mendapatkan ASI yang cukup, dan Bunda dapat merangsang tubuh untuk menyediakan ASI yang sehat. Kalau bingung cara membangunkan bayi, beberapa strategi ini bisa Bunda contoh:

1. Sentuh bayi: Bangunan bayi dari keadaan mengantuk dengan menggelitik kakinya atau dengan lembut menggosok lengan, tungkai, dan punggungnya


2. Bicaralah dengan anak: bayi mungkin terbangun hanya dengan mendengar suara Bunda

3. Buka bedong bayi: Lepaskan bedong atau selimut bayi, bahkan buka pakaiannya agar tidak terlalu hangat dan nyaman. Namun, perlu diingat bahwa bayi kehilangan panas tubuh dengan sangat cepat. Jadi jangan biarkan bayi tak berpakaian di ruangan yang dingin.

4. Ganti popok bayi: Gerakan saat mengganti popok cukup sering untuk membuat bayi bangun dan siap menyusui.

Lanjut tips lainnya di halaman berikut, Bun.

Bayi Bunda terlihat ada gumpalan putih di lidahnya? Cara membersihkannya ada di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBANGUNKAN BAYI UNTU MENYUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi