sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Protein Nabati Bagi Bunda Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 19 Mar 2021 15:06 WIB
Cropped shot of a young woman spending quality time at home with her son caption

Masa menyusui memang membutuhkan energi ekstra. Hal ini dapat Bunda penuhi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap harinya termasuk memenuhi kebutuhan protein nabati dengan cukup.

Kebutuhan protein nabati juga tak kalah penting dipenuhi, lho, Bunda. Mungkin ketika mendengar kata protein, Bunda akan berpikir tentang dada ayam atau sepotong daging steak. Ini memang makanan yang selintas banyak dipikirkan ketika membicarakan soal protein ya. Tetapi, makanan tersebut bukanlah satu-satunya sumber protein.

Faktanya, Bunda bisa mendapatkan protein yang dibutuhkan tubuh setiap hari tanpa perlu makan daging sapi dan lainnya.


Menurut Nathalie Sessions, RD dari Houston Methodist Hospital di Texas bahwa ketika Bunda melakukannya secara bijaksana, Bunda dapat memenuhi kebutuhan protein dari sumber nabati, katanya seperti dikutip dari laman Everydayhealth.

Banner skincare 7 artis anti-mahal

"Manfaat mendapatkan protein nabati jika dijalankan dengan baik maka dapat membantu menurunkan berat badan, berdasarkan ulasan yang diterbitkan Journal of General Internal Medicine," ujarnya.

Selain itu, memenuhi kebutuhan protein nabati juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini dikarenakan beberapa penelitian mengaitkan bahwa daging merah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2 karena kandungan lemak jenuhnya.

American Heart Association melansir bahwa mengganti lemak jenuh dengan lemak yang lebih sehat seperti lemak tidak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal diketahui dapat bermanfaat bagi kadar lemak dan kolesterol.

Oh ya, Bunda, memenuhi sumber protein nabati juga dapat memperpanjang masa hidup. Menurut The National Institutes of Health bahwa konsumsi daging merah dapat mempersingkat hidup. Karenanya, sangat direkomendasikan untuk mengganti makanan tersebut dengan sumber protein yang lebih sehat.

Melansir Very Well Family, ASI diketahui mengandung lemak, air, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lebih dari 20 asam amino yang berbeda. Kebutuhan tersebut sebagian besar berasal dari asupan makanan yang Bunda konsumsi selama menyusui.

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga resep sup susu kedelai yang kaya akan protein nabati, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

PERAN PROTEIN NABATI TERHADAP KUALITAS ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi