sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Minum Suplemen Diet, Aman Enggak Sih?

Annisa Karnesyia Rabu, 24 Mar 2021 16:00 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan atau menyusui memang bukan perkara mudah ya, Bunda. Tak sedikit wanita mengandalkan suplemen diet untuk menurunkan berat badannya nih.

Penggunaan suplemen diet selama menyusui enggak boleh sembarangan. Jika salah kandungan, kualitas dan kuantitas Air Susu Ibu (ASI) bisa bermasalah lho, Bunda.

Mengutip Live Strong, banyak suplemen diet mampu menurunkan berat badan dengan bertindak sebagai diuretik. Para proses ini, suplemen dapat menurunkan berat air di tubuh, merangsang sistem saraf untuk meningkatkan energi dan aktivitas, atau meningkatkan kadar serotonin sehingga tubuh merasa kenyang.


"Meskipun jenis suplemen ini dapat membantu menurunkan berat badan, tapi biasanya tidak memberikan hasil jangka panjang," kata ahli diet Jill Corleone, RDN, LD.

banner resep tahu

Menurunkan berat air di tubuh melalui efek diuretik, sebenarnya tidak baik untuk tubuh Bunda menyusui. Selama proses menyusui, tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk memproduksi ASI.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), informasi mengenai keamanan suplemen diet juga tidak dapat diandalkan. Selain itu, jenis suplemen tidak diatur seperti obat-obatan.

Terkadang, produsen tidak harus membuktikan keefektifan dan keamanan sebelum suplemen dijual bebas di pasaran. Untuk itu, sebaiknya Bunda konsultasi dulu ke dokter atau pakar laktasi sebelum mencoba suplemen diet ya.

Beberapa bahan suplemen untuk menurunkan berat badan diketahui berbahaya jika dikonsumsi saat menyusui. Salah satunya jika suplemen tersebut menggunakan produk herbal seperti ephedra.

Pakar laktasi Kelly Bonyata, IBCLC, mengatakan bahwa produk dengan kandungan bahan ini berbahaya bagi Bunda menyusui. Ephedra merupakan pengobatan alami yang sering digunakan untuk mengatasi asma, tetapi dapat menyebabkan berbagai masalah jantung hingga menimbulkan kematian.

"Saya menyarankan siapa pun untuk menghindari produk apa pun yang mengandung ephedra, baik yang sedang menyusui atau tidak. Ini bisa sangat berbahaya," ujar Bonyata, dilansir Kelly Mom.

Konsumsi suplemen diet juga perlu diperhatikan karena sebagian besar produk ini mengandung kombinasi bahan herbal yang berbeda. Jika bayi sensitif terhadap satu atau lebih bahan, akan sangat sulit menentukan masalahnya.

Tanpa harus mengonsumsi makanan, ibu menyusui sebenarnya bisa menurunkan berat badan. Jika Bunda tetap ingin menurunkan badan, bisa menjalani pola hidup sehat. Seperti apa?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga cara mengatasi mastitis selama menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

DIET MELANGSINGKAN TUBUH IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi