sign up SIGN UP search


menyusui

Hindari Makanan Olahan! Konsumsi Menu Makanan Sehat Selama Bunda Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 29 Mar 2021 18:04 WIB
young attractive asian woman who drinks water in a kitchen caption

Beradaptasi dengan menu seimbang selama menyusui mungkin bagi sebagian Bunda perlu perjuangan. Apalagi, jika sebelum hamil dan menyusui Bunda terbiasa lebih banyak mengonsumsi makanan olahan.

Kendati demikian, mengonsumsi makanan sehat selama menyusui memang penting dilakukan ya, Bunda. Sebab, menyusui merupakan proses yang penting di mana bayi Bunda membutuhkan nutrisi sehat untuk mendorong tumbuh kembang bayi secara maksimal.

"Jika seorang Bunda tidak makan dengan baik, sebenarnya kecenderungan untuk berhenti menyusui akan lebih besar. Jadi, diharapkan Bunda menyusui memenuhi menu makanan sehat yang benar," ujar Juliana Shalek, MS, RD, CDN, seorang ahli diet dan ahli gizi seperti dikutip dari laman Byrdie.


Shalek menambahkan jika Bunda yang menyusui makan dengan benar umumnya kebutuhan gizi akan terpenuhi dan memastikan Bunda mendapatkan cukup energi. Bunda pun diharapkan memerhatikan beberapa hal mendasar termasuk menyeimbangkan aktivitas fisik yang dilakukan dengan asupan sehat.

Banner Pria Palestina Nikahi MUA Malang

Menu makanan sehat yang bisa Bunda jadikan asupan sebaiknya bervariasi, dan tentunya menunya seimbang. Pastikan ada kombinasi seimbang antara protein, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan susu yang cukup. Jauhi juga makanan olahan makanan kaleng, gula yang berlebihan serta pemanis buatan.

Sebaiknya juga, Bunda mendapatkan jadwal makan yang konsisten untuk menjaga tingkat energi. Cobalah untuk makan setiap tiga hingga empat jam dengan camilan sehat di antara waktu makan. Hal ini untuk menghindari Bunda merasa kelaparan dan akhirnya mengurangi energi karena menyusui tentunya menyedot banyak energi Bunda.

Ketimbang memilih makanan olahan sebagai camilan saat menyusui, ada baiknya Bunda memilih aneka buah-buahan segar ataupun sayuran matang sebagai snack sehat di sela-sela waktu makan utama. Selain nikmat, makanan tersebut pun menyehatkan untuk Bunda dan Si Kecil.

Lanjut baca halaman selanjutnya, Bun!

Bunda, simak resep ASI booster yang cocok banget jadi camilan saat menyusui, di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

MENU SEHAT UNTUK BUNDA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi