sign up SIGN UP search


menyusui

Mengandung Merkuri Tinggi, Ini Jenis Ikan yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui

Annisa Karnesyia Kamis, 08 Apr 2021 18:38 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Mengonsumsi ikan dianjurkan saat Bunda menyusui. Namun, jenis ikan yang mengandung tinggi merkuri harus dihindari ya.

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan. Selain itu, terkandung pula vitamin dan mineral yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda.

Dikutip dari Very Well Family, beberapa nutrisi dalam ikan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan baik untuk kesehatan secara menyeluruh. Ketika diberikan kepada bayi melalui ASI, nutrisi di ikan bisa membantu perkembangan sistem sarafnya. Selain itu, asam lemak omega-3 di ikan baik untuk perkembangan otak Si Kecil.


Ikan mengandung lemak jenuh yang rendah dan protein dalam jumlah besar. Kandungan ikan yang dikonsumsi Bunda saat menyusui bisa membantu perkembangan anak di usia dini, dibandingkan Bunda yang tidak makan ikan.

Banner nasi tak cepat basi

Sayangnya, tidak semua jenis ikan bisa dimakan oleh Bunda nih. Kandungan merkuri di beberapa ikan bisa memengaruhi perkembangan otak dan saraf bayi yang sedang tumbuh.

Merkuri di lingkungan juga dapat menumpuk pada ikan. Ketika ada ikan kecil bermerkuri dimakan ikan besar, kandungan merkuri pada ikan yang besar akan bertambah.

Merkuri dapat berpindah dari ibu yang menyusui ke bayinya. Meski dalam jumlah kecil, ada baiknya mengikuti pedoman asupan ikan bahkan selama hamil.

"Berbahaya bila terlalu banyak konsumsi makanan laut mengandung tinggi merkuri. Kelebihan zat ini berdampak negatif pada kesehatan otak," kata ahli diet Kristin Kirkpatrick, dilansir Healthline.

Badan Pengawas Obat (FDA) Amerika Serikat menyarankan Bunda menyusui tidak mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri. Meski begitu, ikan tetap harus dikonsumsi antara 8 sampai 12 ons makanan laut per minggu dengan kandungan rendah merkuri.

Lalu apa saja jenis ikan yang rendah dan tinggi merkuri? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga cara mencegah mastitis selama menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JENIS IKAN TINGGI MERKURI: TILEFISH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi