sign up SIGN UP search


menyusui

Kabar Baik Bun, Antibodi Muncul dari Vaksin COVID-19 Terdeteksi di ASI

Annisa Karnesyia Minggu, 28 Mar 2021 14:34 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Bunda menyusui enggak perlu ragu lagi menerima vaksinasi COVID-19. Kabar baiknya, antibodi dari vaksin COVID-19 terdeteksi di ASI lho, Bunda.

Pemberian vaksin COVID-19 pada ibu menyusui telah dinyatakan aman oleh pemerintah. Baru-baru ini, dr.Adam Prabata melalui akun Instagram miliknya menjelaskan penelitian terbaru tentang antibodi yang muncul karena vaksin COVID-19 ditemukan di ASI.

"Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 aman untuk ibu menyusui dan bahkan antibodinya bisa muncul di ASI," tulisnya, dikutip dari Instagram, Minggu (28/3/2021).


Saat ini, Indonesia telah menyediakan dua jenis vaksin COVID-19, yakni vaksin Sinovac dan AstraZaneca. Adam mengatakan bahwa kedua vaksin ini tidak berbahaya bagi Bunda yang menyusui dan bayi yang diberikan ASI.

Banner Susuk Suami

Vaksin Sinovac berisi virus inaktif, artinya tidak bisa menginfeksi dan memperbanyak diri. Sedangkan, vaksin AstraZeneca berisi Adenovirus yang tidak memperbanyak diri, namun membawa materi genetik SARS-Cov-2.

Pada semua ibu menyusui yang mendapatkan vaksin juga ditemukan antibodi COVID-19 ini, Bunda. Kadar antibodi di ASI optimal terutama pada 2 sampai 6 minggu setelah vaksinasi.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu menyusui yang sudah divaksin Covid-19 akan memiliki antibodi di ASI-nya. Transfer kekebalan (antibodi) berpotensi dapat terjadi antara ibu dan bayi melalui ASI," ujar Adam.

"Vaksinasi pada ibu menyusui tidak hanya meningkatkan kekebalan ibu, tapi juga berpotensi meningkatkan kekebalan bayi terhadap Covid-19."

Belum lama ini, studi yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology juga menemukan antibodi ada dalam darah tali pusat dan ASI dari vaksin COVID-19. Artinya, ini menunjukkan bahwa Bunda menyusui dapat menurunkan kekebalan pada bayinya.

Penjelasan lengkap di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga cara mencegah mastitis saat menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

VAKSIN COVID-19 UNTUK IBU MENYUSUI DI INDONESIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi