sign up SIGN UP search


menyusui

Penting, Begini Peran Hormon Prolaktin dalam Proses Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 05 Apr 2021 11:31 WIB
Ibu menyusui caption

Hormon prolaktin menjadi hormon yang paling sering dikaitkan dengan menyusui. Perannya sangat penting dalam mendukung kehamilan dan menyusui lho, Bunda.

Hormon prolaktin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituari di otak. Hormon ini memainkan peran penting dalam mengatur banyak fungsi di tubuh, termasuk ovulasi, metabolisme, dan kekebalan. Tetapi, tujuan utamanya ialah merangsang kelenjar susu untuk memulai produksi ASI.

Peningkatan kadar hormon sendiri sangatlah penting untuk menjaga suplai ASI yang cukup bagi Bunda selama menyusui. Namun, saat tidak menyusui, ketidakseimbangan hormon prolaktin dapat menjadi bukti kondisi kesehatan serius yang memerlukan perawatan medis, seperti dikutip dari laman Kcobgyn.


Banner Rumput Fatimah

Selama kehamilan, tubuh Bunda sedianya mulai memproduksi hormon prolaktin yang lebih tinggi dari biasanya. Peningkatan hormon ini menyebabkan kelenjar susu mulai mempersiapkan produksi ASI tetapi peningkatan kadar hormon progesteron mencegah payudara menyusui sebelum lahir.

Hormon progesteron menurun sesegera mungkin setelah melahirkan karena hormon prolaktin yang terus meningkat. Sebagiannya lagi dirangsang oleh bayi untuk menyusu di payudara. Inilah yang memungkinkan payudara untuk mulai siap menyusui.

Melansir Medical Express, dalam sebuah studi para peneliti menemukan bahwa hormon prolaktin merupakan hormon multifungsi. 

"Hormon prolaktin tidak saja berkaitan dengan kehamilan dan menyusui tetapi juga memainkan peran penting dalam banyak fungsi biologis seperti metabolisme, kekebalan, dan keseimbangan air,"kata Jun Li, peneliti dari School of Public Health di Boston.

Selain itu, peran dari hormon prolaktin juga penting dalam memfasilitasi ikatan antara Bunda dan bayi yang baru dilahirkan. Prolaktin akan bekerja bersama-sama dengan hormon lain yakni oksitosin untuk merangsang kelenjar susu dan memproduksi susu serta melepaskannya ke payudara.

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda yang sedang menyusui bisa coba resep smoothies enak ini buat jadi ASI Booster, yuk!

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT HORMON PROLAKTIN BAGI BUNDA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi