sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Minum Obat Alergi, Apa Benar Bikin Bayi Kolik?

Annisa Karnesyia Minggu, 04 Apr 2021 18:50 WIB
ibu menyusui bayi baru lahir caption
Jakarta -

Cuaca dingin hingga makanan bisa menjadi pemicu alergi pada Bunda menyusui. Kondisi ini sering bikin kita enggak nyaman memberikan ASI ke buah hati.

Pengobatan medis mungkin diperlukan untuk mengatasi alergi selama menyusui, Bunda. Dokter biasaya akan memberikan obat antihistamin untuk mengatasi keluhan.

Mengutip Web MD, alergi bisa terjadi saat tubuh bersentuhan dengan pemicunya, seperti serbuk bunga, bulu hewan peliharaan, tungau debu, hingga makanan. Saat alergen masuk ke tubuh, zat kimia yang disebut histamin akan terbentuk.


Histamin menyebabkan jaringan di hidung membengkak dan membuatnya tersumbat. Bunda juga bisa mengalami gatal dan ruam kulit.

Obat jenis antihistamin dibutuhkan untuk mengurangi atau memblokir histamin, sehingga menghentikan gejala alergi. Obat-obatan ini bekerja dengan dengan baik pada alergi musiman dan makanan. Meski begitu, obat antihistamin tidak bisa menghilangkan setiap gejala.

Obat antihistamin disediakan dalam berbagai bentuk, termasuk tablet, kapsul, cairan, semprotan hidung, dan obat tetes mata. Beberapa di antaranya hanya bisa didapat sesuai resep dokter.

Meski dikenal ampuh mengurangi gejala alergi, obat ini tetap memiliki efek samping. Selain timbul kantuk, Bunda bisa mengalami mulut kering, pusing, mual, muntah, sulit buang air kecil, hingga kebingungan.

Konsumsi antihistamin saat menyusui

Mengonsumsi obat alergi saat menyusui enggak boleh sembarangan, Bunda. Menurut dokter anak di New York City, Sylvia Romm, M.D., MPH, ada tiga pertimbangan yang harus diperhatikan Bunda sebelum konsumsi obat, yakni:

- Apa ada efek samping obat pada ibu?
- Apa pengaruhnya terhadap bayi yang disusui?
- Apa kandungan obat dapat memengaruhi produksi ASI?

Obat antihistamin adalah salah satu jenis obat yang diresepkan untuk atasi alergi. Lalu apakah obat alergi ini bisa memengaruhi ASI dan bikin bayi kolik?

Baca halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga cara tepat mencegah mastitis selama menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BENARKAH OBAT ALERGI BISA BIKIN BAYI KOLIK?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi