sign up SIGN UP search


menyusui

Viral Bayi 34 Hari Dikasih Susu Kambing, Dokter Gizi Ungkap Kandungan Lemaknya

Mutiara Putri Jumat, 09 Apr 2021 16:31 WIB
Mother feeding newborn baby from the bottle caption
Jakarta -

ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi. Kandungan nutrisinya istimewa dan selalu persis mengikuti kebutuhan bayi dalam pertumbuhannya. Untuk itu, selama enam bulan pertama, Bunda disarankan untuk memberi ASI alih-alih memberi asupan lain. 

Bertentangan dengan hal tersebut, beberapa waktu lalu sempat viral kisah seorang Bunda yang mengaku tidak diperbolehkan memberi ASI untuk anaknya. Dilihat dari video yang diposting oleh salah satu akun gosip, sang Bunda bercerita bahwa anaknya dipaksa minum susu kambing dan madu saat usianya masih 34 hari.

Dalam video, sang Bunda bercerita bahwa ia pergi mengunjungi mertuanya bersama anak dan suami. Namun, saat ia sedang memberikan ASI, sang mertua malah minta agar sang anak dibuatkan susu kambing dan madu.


"Awalnya aku dan anak sedang main ke rumah mertua. Dan anak sedang nyusu ASI. Ibu mertua suruh aku lepas nen. Bilangnya mau main sama anak aku. Pas aku taruh anak aku di sofa, mertua aku langsung suruh suami aku buatkan susu kambing dan madu," tulisnya.

Sang Bunda sudah meminta agar sang anak jangan diberikan susu kambing. Namun, suaminya tetap memaksa karena susu kambing bisa membuat sang anak gemuk. Ia juga melarang agar sang anak tidak diberikan susu formula karena 'haram'.

Banner 2 Wanita Korea Nikahi Pria Indonesia

Menanggapi hal ini, Dokter Spesialis Gizi, Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp.Gk menjelaskan bahwa ASI merupakan 'makanan emas' bayi berusia di bawah 6 bulan, Bunda. Ia juga mengatakan bahwa sebaiknya benar-benar melepas ASI saat anak berusia 2 tahun.

"Idealnya seorang bayi diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Kemudian setelah mulai 6 bulan diberikan makanan pendamping ASI, namun ASI tetap dilanjutkan hingga usia dua tahun," kata dr. Juwalita pada HaiBunda melalui pesan suara.

Tak hanya itu, dr. Juwalita juga berkomentar tentang kisah Bunda di atas. Menurutnya, madu tidak diindikasikan pada bayi di bawah satu tahun, Bunda. Selain itu, susu kambing atau susu sapi yang  juga tidak boleh diberikan.

"Madu tidak diindikasikan pada bayi di bawah 1 tahun," katanya.

"Susu kambing atau susu sapi fresh tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 1 tahun, kecuali susu formula kambing atau susu formula sapi yang memang diindikasikan pada usia tersebut. Di bawah usia 6 bulan ASI tetap menjadi makanan emas (bayi)," sambungnya lagi.

Selain itu, ada berbagai kandungan yang ada dalam ASI yang tidak ada dalam susu lainnya nih, Bunda. Klik baca halaman berikutnya, yuk.

Bunda, simak juga video apakah ibu hamil wajib minum susu hamil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KANDUNGAN ASI YANG TIDAK ADA DI SUSU LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi