sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Menghangatkan ASI Agar Nutrisinya Tidak Rusak

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 31 Mar 2021 14:24 WIB
Ilustrasi warna ASI caption

ASI perah yang dibekukan di freezer atau didinginkan di chiller perlu dihangatkan sebelum disajikan untuk Si Kecil melalui botol atau cup feeder. Pastikan Bunda melakukannya dengan tepat ya sehingga kandungan gizi dalam ASI tidak rusak atau hilang.

Memang tidak ada salahnya memberikan susu dingin kepada bayi, Bunda. Tetapi, ASI yang keluar dari payudara Bunda cenderung hangat, jadi menghangatkan ASI perah diharapkan bisa memberinya rasa yang familiar sehingga ia lebih nyaman. 

Perlu trik khusus untuk menghangatkan ASI, terutama yang berasal dari freezer karena biasanya pada ASI yang bek lemaknya terpisah. Dengan menghangatkannya, maka lemak yang terpisah tersebut akan tercampur kembali dengan baik.


Banner zaskia sungkar melahirkan

Alasan lain mengapa ASI perlu dihangatkan yakni karena secara umum, suhu ruangan dan makanan hangat dianggap lebih mudah dicerna dan lebih bergizi daripada makanan dingin. Jadi, menghangatkan ASI secara teori akan membuat bayi lebih mudah mencernanya, seperti dikutip dari laman Mama Natural.

Dalam menghangatkan ASI, sebaiknya Bunda menggunakan suhu yang tidak terlalu panas. Sebab, hal tersebut tidak saja merusak kandungan dalam ASI tetapi juga dapat membakar mulut bayi. Penelitian juga menunjukkan bahwa kualitas ASI akan memburuk bila dipanaskan melebihi kisaran suhu yang disarankan.

"Bunda juga bisa memanaskan ASI beku. Defrost ASI beku di lemari es sebelum menghangatkannya. Gunakan susu yang telah dicairkan dalam waktu 24 hingga 48 jam," saran Kelly A. Hightower, R.D, seorang konselor laktasi seperti dikutip dari laman Parents.

Turunkan ASIP dari freezer ke chiller dan diamkan selama 24 jam atau sampai mencair sepenuhnya, baru kemudian bisa dihangatkan untuk diminum. Hindari perubahan suhu mendadak karena ASI amat sensitif terhadap perubahan suhu.

Lanjut halaman selanjutnya untuk lihat cara menghangatkan ASI yang benar.

Memilih pompa ASI yang nyaman juga penting untuk Bunda, simak tipsnya dalam video berikut: 

[Gambas:Video Haibunda]



METODE MENGHANGATKAN ASI YANG DISARANKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi