sign up SIGN UP search


menyusui

3 Alasan Kedelai Bisa Bikin ASI Melimpah, Cobain Yuk Bun

Meita Fajriana Kamis, 29 Apr 2021 10:50 WIB
Mother's lullaby. Beautiful mom lulling newborn baby while sitting on sofa at home caption

Jakarta - Perjuangan menyusui kadang-kadang sangat menguras emosi ya, Bunda? Apalagi saat produksi ASI sedikit tapi si kecil masih ingin terus menyusu, sering sekali membuat sedih.

Hal ini bisa membuat Bunda jadi dag dig dug memikirkan apakah nutrisi Si Kecil cukup atau tidak jika ASI sedikit. Tenang, Bunda harus kuat dan lakukan banyak cara untuk membuat produksi ASI melimpah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan konsumsi kedelai. Bubun sudah membuktikannya saat menyusui Kakak. Ternyata, dengan rutin minum susu kedelai bisa bikin ASI lebih lancar dan produksinya pun semakin banyak. Selain susu, Bubun biasanya menikmati makanan olahan kedelai seperti tahu dan tempe.


Lalu, apakah kedelai memang bisa menjadi ASI booster? Setelah Bubun baca dari laman Hello Motherhood, ibu menyusui membutuhkan 71 gram asupan protein setiap harinya. Salah satunya bisa didapatkan dari kedelai. Selain untuk melancarkan produksi ASI, konsumsi kedelai pada ibu menyusui membuat tumbuh kembang Si Kecil semakin baik.

banner sahabat benci bayibanner sahabat benci bayi/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Selain itu mengonsumsi kedelai juga dapat merangsang hormon oksitosin di dalam tubuh. Oksitosin yang dikenal dengan hormon cinta yang sangat diperlukan untuk ibu hamil dan menyusui. Saat hormon oksitosin keluar suasana hati bunda akan lebih baik dan berujung ASI melimpah, Bunda. 

"Untuk ibu menyusui mengonsumsi kedelai sangat baik. Bisa memberikan efek rileks pada ibu sehingga merangsang hormon oksitosin yang berpengaruh pada produksi ASI, " jelas Dr. Lane Strathearn asisten Profesor pediatri di Baylor College of Medicine dikutip dari Huffpost.

Tapi, sebelum Bunda menyusui mengonsumsi banyak kedelai, harus memastikan kesehatan Si Kecil ya. Meski banyak manfaatnya, ternyata susu kedelai juga bisa memberikan dampak alergi pada beberapa bayi yang sensitif. Meskipun begitu, umumnya kedelai aman untuk ibu menyusui. Agar lebih aman tetap pantau keadaan si kecil ya bunda.

Seperti apa caranya? Buka di halaman berikutnya ya!

Simak Bunda, resep puding susu kedelai dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



 

MANFAAT KEDELAI UNTUK MEMBUAT ASI MELIMPAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi