sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Menyusui sedang Puasa? Kenali 6 Tanda Bayi Lapar Saat Kurang ASI

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 07 May 2021 09:38 WIB
TANDA BAYI LAPAR
Ibu menyusui caption

Selain itu, tanda anak lapar saat busui puasa juga dapat ditandai dengan tangisan anak. Pada saat anak menangis, mereka mungkin sangat lapar ya, Bunda. Ada kemungkinan juga si kecil frustasi. Pada titik ini, mungkin akan sulit membuatnya tenang. Dan, jika bayi terlalu stres atau tegang, tentu akan sulit membuatnya menyusu.

Melansir Whattoexprect, berpuasa saat menyusui aman-aman saja dilakukan ya, Bunda. Menyusui diketahui dapat meningkatkan kebutuhan nutrisi Bunda lebih dari kehamilan. Karenanya, Bunda yang sedang menyusui harus mengonsumsi sekira 450 hingga 500 kalori ekstra per hari yang mungkin sulit dilakukan saat berpuasa.

Atas kebutuhan tersebut, tak sedikit dari Bunda yang memutuskan untuk tidak berpuasa sama sekali guna mengejar kebutuhan kalori ekstra yang memang dibutuhkan Si Kecil.


"Jika Bunda menyusui, Bunda pasti ingin mengonsumsi lebih banyak makanan daripada saat hamil hingga 500 kalori ekstra. Plus, Bunda akan sering merasa lapar," ujar Batya Grundland, seorang dokter di Family Way Obstetrical Group di Women College Hospital di Toronto, seperti dikutip dari laman Todays Parent.

Meski demikian, Bunda tidak perlu khawatir saat berpuasa selama menyusui. Sebagian besar ahli mengatakan bahwa berpuasa tidak berdampak pada produksi ASI atau mengganggu kesehatan Bunda ataupun Si Kecil jika keduanya sehat sebelumnya.

Hanya saja, Bunda yang berpuasa ketika menyusui harus meningkatkan asupan cairan sebelum memulai puasa dan membatasi olahraga intens selama berpuasa untuk menghindari pembakaran kalori yang tidak perlu terlalu banyak.

Penelitian menunjukkan bahwa berpuasa dalam waktu singkat kemungkinan tidak akan menurunkan suplai ASI. Tubuh sedianya akan berupaya keras untuk terus memproduksi ASI meskipun Bunda mengonsumsi sedikit atau tanpa kalori. 

Banyak bukti menunjukkan bahwa kualitas gizi ASI sangatlah ditentukan pola makannya. Saat Bunda mengonsumsi lebih sedikit kalori, Bunda mengonsumsi lebih sedikit vitamin dan mineral secara keseluruhan maka dapat berakibat pada ASI yang dihasilkan dimana ASI menjadi kurang bergizi.  

Untuk itu, meski berpuasa tidak akan menyebabkan produksi ASI menurun, tetapi tidak mendapatkan cairan yang cukup juga tidak direkomendasikan ya, Bunda. Karenanya, jika Bunda memilih berpuasa pastikan untuk minum banyak air guna mencegah dehidrasi.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi