sign up SIGN UP search


menyusui

4 Manfaat Fenugreek Selain Lancarkan ASI, Bisa Mengontrol Nafsu Makan Lho

Meita Fajriana Sabtu, 01 May 2021 14:34 WIB
happy family mother playing and hug with newborn baby  in bed caption

Ibu menyusui pasti enggak asing dengan fenugreek. Apalagi bagi mereka pejuang ASI yang sedang berupaya memperlancar ASI, banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi fenugreek atau biasa disebut juga sebagai biji kelabat

Fenugreek adalah tanaman herbal yang sudah lama dijadikan obat alternatif. Tanaman yang berasal dari India ini kemudian viral dan banyak diperbincangkan karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan dan ibu menyusui. Namun, benarkan Fenugreek memiliki manfaat untuk kesehatan? Serta sebanyak apa takaran dan cara mengolahnya sehingga aman untuk dikonsumsi. 

Fenugreek ternyata memang punya manfaat baik untuk produksi ASI lho Bunda. Bisa jadi alternatif ASI Booster nih. Melansir dari laman Healthline,  satu sendok fenugreek setidaknya mengandung 35 kalori dan beberapa nutrisi lainnya seperti protein, karbohidrat, lemak, iron, dan magnesium. 


Sehingga fenugreek bisa digunakan sebagai suplemen untuk ibu menyusui yang aman dan natural. Meski begitu apapun yang menyangkut kesehatan Bunda dan bayi tetap konsultasikan sebelumnya dengan dokter ya, Bunda.

"Sejauh produksi ASI berjalan, ketika fenugreek bekerja, ia bekerja dengan cepat, meningkatkan suplai Anda dalam 12-24 jam. Jadi konsumsi dengan aman," kata dokter anak Jack Newman yang juga ketua Canadian Breastfeeding Foundation dikutip dari laman Today Parent, Kamis (29/4).

Bagi Bunda yang ingin mencoba mengonsumsi fenugreek, Bubun sudah carikan beberapa manfaat Fenugreek untuk kesehatan nih, cek dulu sebelum memutuskan untuk mencoba ya Bunda.

1. Menurunkan nafsu makan

Sejauh ini sudah ada 3 penelitian yang menunjukkan penurunan asupan lemak dan nafsu makan setelah rutin mengonsumsi fenugreek. Sebuah penelitian yang berlangsung selama 14 hari, menemukan bahwa Bunda yang mengonsumsi fenugreek bisa mengurangi total asupan lemak sebesar 17 persen. Jadi cocok sekali untuk Bunda yang ingin menjaga berat badan.

2. Menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa fenugreek dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah. Trigliserida dihasilkan oleh organ hati, namun sebagian besar berasal dari makanan, seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega.

3. Mengobati maag

Sebuah penelitian yang dilakukan selama dua minggu pada orang yang sering mulas karena maag, ditemukan bahwa fenugreek mengurangi gejala mereka. Ini artinya fenugreek sangat aman dikonsumsi bagi Bunda yang memiliki riwayat sakit maag.

4. Mengontrol gula darah

Fenugreek dapat membantu metabolisme tubuh seperti pada penderita penyakit diabetes 1 dan 2. Manfaatnya ini karena peran fenugreek dalam meningkatkan fungsi insulin dalam darah. Hal ini karena kandungan seratnya yang tinggi.

Simak manfaat lain fenugreek di halaman selanjutnya ya, Bunda!

Bunda, simak yuk ASI Bosster Whulandary dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



 

KEAMANAN DAN EFEK SAMPING FENUGREEK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi