sign up SIGN UP search


menyusui

4 Camilan Sehat dan Lezat yang Ampuh Jadi ASI Booster, Busui Pasti Suka

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 29 Apr 2022 07:10 WIB
Ibu menyusui makan caption

Jakarta - Booster ASI menjadi senjata ampuh busui yang diandalkan saat pasokan ASI minim. Berbagai booster ASI memang dapat dipilih ya, Bunda. Tidak saja yang berbentuk herbal yang rasanya mungkin kurang lezat di mulut, ada juga banyak makanan enak booster ASI yang bisa Bunda andalkan kok.

Ya, menyusui memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pejuang ASI terutama para ibu baru yang kerap dilanda stres dan berimbas pada produksi ASI yang menurun. Hal ini memang wajar saja kok Bunda karena sebagai ibu baru semua hal masih berproses sehingga kecemasan bisa muncul.

Tanpa disadari, stres tersebut pun berimbas pada pasokan ASI dan hal ini memang tak boleh dibiarkan berlarut-larut ya, Bunda. Menambahkan booster ASI dalam asupan harian sah-sah saja kok, Bunda. Sehingga, produksi ASI Bunda bisa terdongkrak perlahan dan kebutuhan ASI bayi bisa terpenuhi.


Berikut ini beberapa makanan enak booster ASI yang bisa diandalkan ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Todaysparent:

1. Barley

"Barley merupakan sumber makanan yang kaya beta-glucan, polisakarida yang telah terbukti meningkatkan kadar prolaktin yang dikenal sebagai hormon menyusui pada manusia dan hewan," ujar Alicia C. Simpson, seorang konsultan laktasi di Georgia.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di BawahBanner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah/ Foto: annisa shofia/HaiBunda

2. Adas + fenugreek

Adas merupakan sayuran dengan umbi putih, manis, dan memiliki daun hijau tipis. Baik tanaman maupun bijinya, fenugreek mengandung fitoestrogen yang membantu produksi air susu. Simpson merekomendasikan untuk perlahan-lahan mengonsumsi fenugreek. Meskipun ini ramuan populer sering digunakan secara tidak benar atau pada dosis yang salah dan banyak yang mengabaikan efek sampingnya. 

Ibu menyusui makanIbu menyusui makan/ Foto: iStock

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang membantu produksi ASI. Bunda dapat mengonsumsinya sebagai diet harian baik dengan dimasak terlebih dahulu dan diberi topping buah ataupun dijadikan muffin atau cookies.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk video tentang 5 ASI booster alami untuk ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



 

4 MAKANAN ENAK BOOSTER ASI, COCOK UNTUK CAMILAN HARIAN BUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!