sign up SIGN UP search


menyusui

4 Manfaat Tak Terduga Fenugreek, Lancarkan ASI hingga Tingkatkan Libido

Asri Ediyati Sabtu, 15 Aug 2020 10:10 WIB
ilustrasi fenugreek caption
Jakarta -

Bunda, pernah mencoba memanfaatkan fenugreek sebagai ASI Booster? Ya, biji-bijian yang satu ini memang bisa membantu memperlancar ASI.

Fenugreek atau bahasa ilmiahnya Trigonella foenum-graecum adalah tumbuhan tahunan dengan bunga kuning dan memiliki biji. Tumbuhan yang berasal dari Asia dan Mediterania ini telah dimanfaatkan bijinya sejak dahulu.

Menurut sejarah, biji fenugreek digunakan untuk memasak, membumbui makanan, dan menyembuhkan penyakit. Jika Bunda pernah mencicipi sirup maple, fenugreek memiliki rasa maple yang kuat.


Namun, dalam bentuk mentahnya, biji fenugreek terasa pahit. Dengan pemanasan atau pemanggangan bisa mengurangi rasa pahit dan memunculkan rasa manis.

Menurut Donna Murray, RN, BSN, selama berabad-abad, fenugreek telah digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Fenugreek digunakan untuk mengobati penyakit pencernaan dan pernapasan.

Kemudian tercatat dalam sejarah bahwa fenugreek bermanfaat untuk kesehatan wanita yaiut untuk menginduksi persalinan dan membantu persalinan.

ilustrasi fenugreekilustrasi fenugreek/ Foto: iStock

Manfaat-manfaat tadi hingga kini masih dipelajari dan diteliti. Namun, ada lima manfaat dari fenugreek yang sudah diteliti dan terbukti nih. Apa saja?

1. Meningkatkan produksi ASI

Mengutip dari Very Well Family, pada sebuah studi, volume ASI yang dipompa dari ibu menyusui yang mengonsumsi teh fenugreek dua kali lipat dibandingkan dengan ibu lain. Kemudian dalam penelitian lain, ibu yang meminum kapsul 600 miligram biji fenugreek tiga kali sehari selama sebulan peningkatan produksi ASI sebesar 20 persen (meskipun itu bukan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok plasebo).

2. Menurunkan kadar gula darah

Dilansir WebMD, mengonsumsi biji fenugreek dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Dosis setidaknya 5 gram setiap hari kemungkinan akan membantu. Sementara dosis yang lebih rendah sepertinya tidak berhasil.

3. Mengatasi kram menstruasi

Fenugreek bisa mengatasi kram menstruasi (dismenore). Caranya dengan mengonsumsi 1800-2700 mg bubuk biji fenugreek tiga kali sehari selama 3 hari pertama periode menstruasi diikuti oleh 900 mg tiga kali sehari selama sisa dua siklus menstruasi mengurangi rasa sakit pada wanita dengan periode menstruasi yang menyakitkan.

4. Meningkatkan libido

Jangan salah, fenugreek juga bisa meningkatkan libido, lho Bunda. Dengan mengonsumsi 600 mg ekstrak biji fenugreek setiap hari tampaknya meningkatkan libido jika Bunda yang sedang menyusui memiliki dorongan seks rendah.

Simak juga penjelasan dokter tentang seberapa efektif susu bisa jadi ASI booster:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi