sign up SIGN UP search


menyusui

8 Penyebab Rasa ASI Berubah, Hati-hati Bisa Bikin Si Kecil Mogok Nyusu

Meita Fajriana Kamis, 06 May 2021 17:48 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Jakarta - Tahukah Bunda ternyata rasa ASI bisa berubah? Hal ini terjadi karena beberapa faktor, mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga kebiasaan Bunda sehari-hari. Jadi perhatikan makanan dan kebiasaan Bunda selama menyusui Si Kecil ya. 

Pada dasarnya, ASI memiliki rasa yang manis dan creamy. Seperti dilansir dari Parenting Science, rasa ASI sangat dipengaruhi oleh makanan Bunda. Anak bisa merasakan perubahan rasa ASI ketika Bunda mengonsumsi berbagai macam makanan. Hal ini juga dapat mempengaruhi referensi makanan dan kesukaannya di kemudian hari saat MPASI dimulai. 


Hal ini juga dibenarkan oleh dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, Sp.A, MARS atau yang aktrab disapa dr Tiwi. Menurutnya, bayi merasakan semua variasi dimakan ibunya lewat ASI. Hal ini yang membuat ASI istimewa sehingga dapat merangsang otak anak lewat indera perasanya. 

"Menyusui merupakan stimulasi yang paling keren buat bayi. Karena bayi sangat bisa menangkap suara, napas, elusan, hingga rasa makan ibu. Ibu makan cabai dia rasa, ibu makan rendang dia rasa, ibu minum kopi dia rasa. jadi semua ditangkap oleh otaknya, " kata dr. Tiwi, dikutip dari akun YouTube pribadinya.

Selain bubuhan rasa dari makanan yang Bunda konsumsi, ada beberapa hal lainnya yang mempengaruhi rasa ASI. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini ya Bunda, yang dirangkum dari laman verrywellfamily.

1. Hormon

Hormon yang muncul saat di awal kehamilan akan memengaruhi masa menstruasi, sehingga berdampak rasa ASI. Oleh sebab itu, jika Bunda ternyata hamil lagi, rasa ASI akan berubah. Memang hal ini tidak memiliki risiko untuk Si Kecil, hanya saja beberapa bayi akan menolak menyusu karena rasa ASI yang berubah. Namun jika Bunda memutuskan untuk tetap menyusuinya lakukan terus menerus hingga Si Kecil mau menyusu lagi. 

2. Olahraga

Asam laktat yang dihasilkan tubuh selama berolahraga juga dapat mengubah rasa ASI. Untuk meminimalisir perubahan yang terjadi pada rasa ASI, pastikan Bunda memilih jenis olahraga yang ringan saja. Jangan lupa untuk membersihkan payudara dengan air setelah olahraga sebelum menyusui Si Kecil ya, Bunda. 

3. Obat-obatan

Rutin mengonsumsi obat-obatan saat menyusui sangat mempengaruhi rasa ASI. Saat Bunda mulai mengonsumsi obat, dan melihat gelagat Si Kecil tidak mau menyusu atau tidak suka dengan rasanya, segera konsultasikan ke dokter ya Bunda. 

4. Merokok

Sebuah penelitian menemukan bahwa ASI dari ibu yang baru saja merokok akan berbau dan rasa asap. Jika merokok, pastikan melakukannya setelah menyusui bayi, dan cobalah untuk tidak merokok setidaknya dua jam sebelum menyusui untuk meminimalisir rasa dan bau rokok pada ASI. 

5. Alkohol

Sama halnya dengan merokok, alkohol juga berpengaruh tidak baik pada rasa ASI. Butuh waktu dua jam hingga rasa dari alkohol keluar dari ASI. Lebih lama memberikan waktu semakin minim juga rasa alkohol mempengaruhi rasa ASI. 

 Simak penyebab rasa ASI berubah lainnya, di halaman selanjutnya!

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI RASA ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi