sign up SIGN UP search


menyusui

6 Manfaat ASI Eksklusif: Termasuk Cerdaskan Otak Bayi, Bun

Tim HaiBunda Selasa, 18 May 2021 16:27 WIB
Asian mother holding her newborn baby boy and breastfeeding, Milk mother for child concept caption
Jakarta -

Air Susu Ibu atau yang sering disebut ASI umumnya diberikan kepada bayi dari mulai lahir hingga usianya 6 bulan. Selama 6 bulan bayi harusnya hanya minum ASI saja tanpa tambahan makanan apa pun yang disebut dengan ASI Eksklusif.

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pemberian ASI ini yaitu:

1. Memiliki Kandungan Nutrisi yang Lengkap dan Cocok untuk Bayi


ASI merupakan makanan yang dibuat khusus dengan kandungan nutrisi lengkap yang sangat cocok untuk bayi. ASI dengan kondisi bayi itu ibaratkan kunci dan gembok.


ASI dari Bunda memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh bayi normal pada umumnya. ASI mengandung lemak, protein, vitamin, mineral, dan lain sebagainya. Semuanya dibutuhkan oleh bayi sehingga pertumbuhannya pun akan semakin maksimal. Hanya ASI yang mampu memahami kebutuhan bayi sehingga harus diberikan dengan tepat baik dalam jumlah maupun waktunya.

2. Meningkatkan Rasa Kasih dan Sayang antara Bunda dan Bayi

Pemberian ASI eksklusif juga akan meningkatkan rasa kasih sayang antara Bunda dan Si Kecil. Ya, saat memberikan ASI, Bunda dan Si Kecil otomatis melakukan skin to skin yang mempererat emosi antara keduanya.

Bayi bisa mendengar denyut jantung, merasakan embusan nafas, dan kehangatan kulit Bunda. Saking nyamannya. Si Kecil sering tidur di pelukan karena merasakan penuh akan kasih sayang dan kehangatan.

3. Memiliki Kandungan Antibodi agar Anak Tidak Mudah Sakit

ASI bukan hanya mengandung nutrisi yang lengkap, tapi juga mengandung antibodi yang tinggi. Antibodi inilah yang membuat bayi menjadi tidak mudah sakit dan terus sehat. Ia lebih kebal dengan serangan virus, bakteri, maupun kuman.

Woman sitting in a white bedroom with little child and smilingIlustrasi menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/LiudmylaSupynska

4. Tidak Menyebabkan Obesitas atau Kekurangan Berat Badan

Berbeda dengan menggunakan susu formula, kandungan nutrisi dalam ASI pas dan tidak berlebihan, Oleh karena itu bayi yang meminum ASI biasanya tidak gemuk dan tidak kurus. Hal ini disebabkan oleh nutrisinya yang pas dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak.

5. Anak Cenderung Lebih Cerdas

ASI memiliki kandungan yang sangat banyak dan lengkap. ASI mengandung asam lemak yang sangat baik untuk membuat otak Si Kecil makin cerdas.

6. Bayi Lebih Kuat

Kandungan kalsium pada ASI ini juga sangat tinggi sehingga membuat tulang anak menjadi lebih kuat. Si Kecil juga bisa tumbuh dengan baik dan mencegah terjadinya stunting di masa pertumbuhannya yang penting.

Itulah beberapa manfaat pemberian ASI eksklusif kepada bayi hingga usia 6 bulan. Bayi akan sehat dan cerdas sehingga memperlancar kehidupannya di masa depan nanti.

Semangat ya, Bun dengan proses meng-ASI-hinya. Perjuangan Bunda menyusui akan terbayar saat melihat tumbuh kembangnya kelak. (PK)

Simak juga video berikut mengenai perjuangan Miss Indonesia Universe 2013, Whulandari Herman, yang bebas makan apa saja sebagai ASI booster, termasuk cabai pedas!

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi