sign up SIGN UP search


menyusui

Minum Temulawak Sebagai ASI Booster, Bikin Bayi Mogok Nyusu Nggak Ya?

Meita Fajriana Sabtu, 29 May 2021 15:50 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Jakarta - Indonesia kaya akan rempah dan herbal Bunda. Jadi tidak heran pasca melahirkan banyak para Bunda menggunakannya untuk membantu proses pemulihan. Bunda juga melakukannya? Herbal apa yang Bunda gunakan? 

Kali ini Bubun akan bahas herbal yang biasa dikenal sebagai bahan dasar jamu nih Bunda. Ya benar, temulawak. Temulawak biasa digunakan sebagai cara alami mengatasi mual dan mabuk perjalanan. Namun ternyata herbal yang satu ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI lho Bunda. Tapi apakah aman untuk bayi dan seperti apa dampaknya pada Bunda? Yuk kita bahas Bunda. 

Melansir dari MomJunction, temulawak memiliki rasa yang pekat,  bau yang tajam, dan kandungan dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Temulawak juga dapat membantu Bunda mengatasi pilek, sembelit, hingga migran. 


Hal ini tentu sangat membantu Bunda saat merawat bayi yang diharuskan untuk selalu bugar dan sehat. Terlebih pasca melahirkan, Bunda butuh suplemen tambahan untuk mempercepat pemulihan. Bunda bisa jadikan temulawak salah satu pilihannya nih Bunda. 

Temulawak juga membantu Bunda menjaga pola makan yang sehat. Cara mengonsumsinya juga praktis bisa berupa teh temulawak. Selain itu, para Bunda menyusui juga menggunakannya sebagai ASI booster karena kandungan galaktosa di dalamnya, dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. 

Tapi, sebagian Bunda menyusui masih ragu-ragu mengomsumsi temulawak, karena rasa yang pekat dikhawatirkan akan memengaruhi rasa ASI. Kalau hal ini terjadi, bisa-bisa bayi mogok menyusu kan, Bunda?

Ternyata menurut sebuah ulasan di Verry Well Family, mengonsumsi temulawak saat menyususi aman untuk Bunda dan bayi. Tidak ada efek samping yang serius, kecuali sedikit perubahan rasa pada ASI yang normal. Bahkan mengonsumsi temulawak dapat membuat lebih rileks loh Bunda. 

"Selama mengonsumsi temulawak dalam jumlah wajar tidak ada masalah untuk kesehatan ibu dan bayimu. Namun saat sedang hamil dan memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti darah tinggi, konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsinya," kata Meredith Shur, MD, FACOG dewan sertifikasi kebidanan dan ginekologi di New York.

Simak informasi lebih lengkap di halaman selanjutnya! 

Simak yuk ASI Booster yang bikin produksi ASI Whulandary Herman melimpah dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMBUAT TEH TEMULAWAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi