sign up SIGN UP search


menyusui

3 Makanan yang Bantu Tingkatkan Produksi ASI, Termasuk Pepaya Lho

Meita Fajriana Sabtu, 22 May 2021 16:13 WIB
Young woman holding her sleeping baby in the kitchen caption

Jakarta - Meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI) memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak ada cara instan dan magic untuk membuatnya terwujud. Namun dengan mengonsumsi beberapa makanan dipercaya dapat membantu memperbanyak produksi ASI. Apa saja makanan tersebut? 

Saat baru memulai menyusui, ada banyak pertanyaan yang Bunda pikirkan, apakah ASI Saya cukup? Apakah bayi sudah puas menyusu? Apakah ASI saya nutrisinya tercukupi? 

Belum lagi Bunda harus menyesuaikan diri dengan kondisi baru, sosok yang menjadi tempat berlindung Si Kecil. Mereka akan merasa nyaman jika berada di dekat Bunda. Waktu tidur pun menjadi tidak teratur. Sehingga tidak sedikit ibu baru yang mengalami stres dan depresi. 


Tahukah Bunda ternyata kondisi ini juga mempengaruhi berkurangnya kondisi ASI. Jadi Bunda harus pintar mengelola emosi sehingga hormon bahagia atau oksitosin keluar lebih banyak, dan mempengaruhi banyaknya produksi ASI. 

Banner Penyakit AinBanner Penyakit Ain/ Foto: HaiBunda

Mengonsumsi makanan sehat juga bisa menjadi salah satu cara membuat bahagia loh Bunda. Makanlah sayur dan buah dalam porsi cukup. Tambahkan juga dengan berbagai jenis kacang-kacangan dalam menu makanan saat menyusui ya Bunda. 

"Makanan sehat dan herbal yang mengandung laktogenik adalah yang paling baik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI yang alami dari dalam tubuh, " kata Alicia C. Simpson, Konsultan Laktasi bersertifikat Dewan Internasional dan ahli diet terdaftar yang berbasis di Atlanta, Georgia dikutip dari laman Todaysparent. 

Berikut beberapa makanan yang bisa Bunda konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI, yang Bubun rangkum dari situs Whattoexpect. Simak penjelasannya ya Bunda. 

1. Pepaya

Buah berwarna cerah ini telah banyak digunakan oleh ibu menyusui baik dikonsumsi begitu saja atau dimasak dalam sup. Buah ini dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI Bunda. Rasanya juga lezat, Bunda bisa makan bersama sereal atau yoghurt. Bisa juga dijadikan salad yang nikmat dan sehat. 

Simak informasi lebih lengkap di halaman selanjutnya!

Simak yuk ASI Booster ala Whulandary Herman dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN YANG BANTU LANCARKAN PRODUKSI ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi