Sign Up search


menyusui

Tips Anti Panik Hadapi Sembelit untuk Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 03 Mar 2020 16:22 WIB
Tips Anti Panik Hadapi Sembelit untuk Ibu Menyusui caption
Jakarta - Ibu menyusui sering menemui masalah kesehatan di awal-awal kelahiran bayi. Di antaranya payudara bengkak, ASI merembes, hingga sayatan luka caesar yang membuat posisi menyusui serba salah.

Namun, kadang kala ibu menyusui juga mengalami sembelit. Pasti bikin enggak nyaman karena perut jadi begah dan porsi makan pun akan ikut berubah.


Sembelit sendiri didefinisikan sebagai kesulitan buang air besar yang bisa digambarkan dengan feses keras, frekuensi buang air besar jarang, atau berubah dalam volume atau konsistensi, seperti dikutip dari laman Breastfeedingnetwork.


Bagi sebagian Bunda, sembelit dialami dari awal kehamilan dan akan muncul lagi jelang melahirkan. Jika tidak segera ditangani, sembelit bisa berlanjut pada masa-masa menyusui.

Tips Anti Panik Hadapi Sembelit untuk Ibu MenyusuiTips atasi sembelit ibu menyusui/ Foto: thinkstock

"Tidak ada yang berbicara tentang fakta bahwa sembelit merupakan salah satu komplikasi terburuk dari memiliki bayi. Dan inilah yang perlu diketahui tentang efek samping dari kelahiran yang tidak menyenangkan dan tidak nyaman ini," ujar Jennifer Wider, M.D, pakar kesehatan wanita di Connecticut, dikutip dari Parents.

Untuk membantu mengatasi sembelit, Bunda dapat membarenginya dengan meningkatkan asupan serat seperti buah dan sayuran. Tak kalah penting adalah menambah asupan air minum.

Oh ya, Bun, tingkatkan pula aktivitas fisik untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke semua organ, termasuk usus. Dengan aktif berolahraga maka dapat menurunkan risiko sembelit yang Bunda alami.


Jika diperlukan, ibu menyusui dapat mengonsumsi obat sembelit dengan rekomendasi dari dokter untuk membantu meredakan gangguan sembelit dan menghindari rasa kembung serta sakit perut yang tidak nyaman.

Semoga membantu, Bunda.

Bunda, simak juga yuk penyebab bayi alami sembelit dalam video berikut!

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi