sign up SIGN UP search


menyusui

Tak Perlu Khawatir, Bunda Demam Masih Boleh Menyusui Bayi Asalkan...

Meita Fajriana Selasa, 08 Jun 2021 20:05 WIB
PERHATIKAN HAL BERIKUT SAAT MENYUSUI KETIKA DEMAM
Motherhood Exhaustion Concept. Tired young mom breastfeeding baby and working on laptop at home, feeling frustrated, free space caption

Ingat ya, Bunda, menyusui saat demam malah disarankan agar Si Kecil terhindar atau cepat pulih dari sakit. Berikut yang terjadi pada Bayi ketika menyusui saat Bunda demam dan hal-hal yang perlu Bunda perhatikan saat menyusui bayi ketika demam yang Bubun rangkum dari laman Kelly Mom:

1. Menyusu ASI memperkuat antibodi Bayi

Hal terbaik yang dapat Bunda lakukan untuk bayi ketika Bunda sakit adalah terus menyusui. Ketika Bunda memiliki penyakit menular seperti pilek, flu, atau virus ringan lainnya, bayi mungkin saja terkena penyakit itu bahkan sebelum tahu bahwa Bunda sakit. ASI tidak akan menularkan penyakit Bunda ke bayi, tetapi antibodi di dalamnya yang spesifik untuk penyakit yang Bunda dan Si Kecil Pernah terpapar bisa mencegah dan menyembuhkannya.

2. Lakukan langkah-langkah pencegahan penularan penyakit kepada bayi

Bunda juga dapat melakukan langkah-langkah untuk mencegah bayi sakit dengan melakukan hal-hal yang biasa dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit. Seperti sering mencuci tangan, menghindari bersin, atau batuk ke arah atau dekat bayi, hingga membatasi kontak tatap muka.


Saat Bunda sakit, akan sangat membantu jika hanya menidurkan bayi di tempat tidur di samping Bunda dan menyusui saat bayi merasa lapar. Jika bayi mulai sakit dan tidak mau menyusu, lihat tanda-tanda Bayi menolak menyusu saat sakit.

3. Konsumsi banyak cairan agar produksi ASI semakin cukup

Bunda yang tidak sering menyusui harus mendapatkan cukup cairan untuk menjaga suplai ASI. Terkadang obat-obatan juga dapat menyebabkan suplai ASI Bunda berkurang. Untuk menghindari penurunan suplai ASI, minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi, terus sering menyusui, dan hindari atau batasi obat-obatan yang cenderung mengurangi suplai ASI ya Bunda. Semoga cepat sembuh Bunda. 

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!