sign up SIGN UP search


menyusui

3 Penyebab Produksi ASI Turun, Melewatkan Menyusui Saat Malam Hari

Meita Fajriana   |   Haibunda Kamis, 10 Jun 2021 18:27 WIB
PENYEBAB ASI SEDIKIT
breast pump on the table, in the background mother breastfeeds the baby caption

2. Tidak menyusui bayi di malam hari

Kehilangan waktu menyusui di malam hari dapat menyebabkan masalah terhadap penambahan berat badan bagi beberapa bayi. Mengapa? Masing-masing Bunda memiliki perbedaan berapa banyak ASI yang dapat diproduksi di payudara. Sehingga perlu dirangsang dengan menyusui di malam hari. Tanpa menyusui dalam semalam, pasokan susu Bunda akan mulai turun. 

Tingkat prolaktin atau hormon yang memberi sinyal pada payudara untuk membuat ASI juga lebih tinggi selama menyusui di malam hari, sehingga penurunan prolaktin secara keseluruhan juga dapat berkontribusi pada penurunan ASI. Sulit memang untuk menahan godaan tidur lebih banyak di malam hari bagi ibu baru khususnya. Tetapi Bunda perlu tahu pemberian ASI di malam hari itu penting untuk menghindari produksi ASI yang rendah. 

3. Menjadwalkan pemberian ASI dan menggunakan botol di antara waktu menyusui

Payudara menghasilkan ASI terus menerus, tetapi kecepatan produksinya tergantung pada seberapa kosongnya payudara Bunda. Bunda akan menghasilkan lebih banyak ASI saat payudara hampir kosong dan lebih sedikit ASI saat sudah terisi. 


Ketika bayi jarang menyusu, karena Bunda memberinya jadwal tiga atau empat jam misalnya, atau karena Bunda memberinya susu dalam botol di antara waktu menyusui, payudara Bunda akan lebih penuh untuk jangka waktu yang lebih lama. Sehingga membuat produksi ASI melambat. 

Namun ketika bayi disusui sesuai dengan kebutuhannya saat lapar ketika bayi memberikan isyaratnya, bayi Bunda cenderung sering menyusu, ini berarti payudara lebih sering kosong sehingga terus memproduksi banyak ASI. 

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!