sign up SIGN UP search


menyusui

12 Penyebab ASI Seret, Emosi hingga Durasi Menyusui Kuncinya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 05 May 2022 11:10 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Jakarta - Makanan merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan para Bunda menyusui. Sebab, makanan yang sehat akan memengaruhi kualitas ASI juga nih, Bunda.

Dalam artian misalnya, Bunda yang suka minum soda tentu kandungan ASI miliknya agar berbeda dengan para busui yang lebih sehat dan teratur dalam memilih asupan harian.

Makanan juga dipercaya dapat melancarkan ASI. Sehingga beberapa makanan yang mengandung galactagogue dipercaya dapat menjadi booster yang meningkatkan aliran ASI.


Ini tentunya menjadi kabar baik untuk Bunda menyusui bukan? Konsumsi ASI yang cukup menjadi kebutuhan utama  bayi agar tumbuh kembang meningkat. Tidak berlebihan Bunda lebih banyak disarankan konsumsi makanan hingga suplemen tertentu demi kelancaran ASI. Dan sangat masuk akal jika sebagian besar Bunda menjadi cemas jika ASinya keluar tidak lancar. 

Mengutip ulasan Pediatric Donna Murray kepada Verywell Family, terdapat beberapa faktor penyebab ASI Bunda seret lho, Bunda. Ternyata, makanan bukanlah satu-satunya penyebab utama ASI jadi seret atau drop.

Ada beberapa hal yang disinyalir mempengaruhi lancar tidaknya ASI Bunda. “Pasokan ASI yang benar-benar rendah dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk kelelahan, stres ekstrem, dan pelekatan yang buruk.” Demikian jelasnya. 
 
Walau untuk memastikannya Bunda harus tetap konsultasi kepada ahlinya, tidak ada salahnya Bunda memperbanyak referensi dengan membaca informasi yang ada ya. Lantas apa saja sih faktor selain makanan yang menyebabkan ASI seret, Bunda? Yuk simak terus.

12 Penyebab ASI seret

Menjadi seorang Ibu adalah ketrampilan yang menguji naluri, Bunda. Tidak semua Bunda yang telah melahirkan mempunyai kesiapan menjadi Ibu.

Itulah mengapa ada banyak saran pada masa kehamilan, sebaiknya Bunda sudah membangun bonding atau kelekatan dengan Si Kecil. Hal ini selain agar antara Bunda dan Si Kecil sudah terjalin komunikasi yang intens, juga agar Bunda semakin sigap menerima kehadirannya. 

Masih melansir dari Verywell Family dan Todays Parent, berikut faktor penyebab ASI Bunda seret:

1. Pelekatan yang buruk

Attachment Bunda dengan Si Kecil ini tidak hanya secara emosi ya, Bunda. Tetapi lekat secara posisi menyusui juga menjadi salah satu penyebab lancar tidaknya ASI Bunda. Untuk itu, tidak ada salahnya Bunda belajar hal ini kepada yang sudah berpengalaman agar mempermudah Bunda menyusui. 

2. Jarang menyusui

Karena satu dan lain hal, beberapa Bunda tidak bisa sering meng-ASI-hi Si Kecil. Maka tidak heran jika ASI Bunda makin seret karenanya. Durasi menyusui sangat memengaruhi stok ASI lho, karena pada prosesnya menyusui adalah ada demand and supply. 

Simak penyebab ASI seret lain di halaman berikutnya yuk, Bunda!

Simak juga yuk mengatur waktu pumping agar ASI lancar seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ATUR DURASI DAN MANAJEMEN EMOSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!