sign up SIGN UP search


menyusui

Tak Layak Konsumsi! Ingat 3 Ciri ASI Basi yang Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 13 Jun 2021 10:05 WIB
Mother is pouring milk from breast milk storage bags to baby bottle with measuring scale,  Breast Pumping milk concept. selective focus. caption

Jakarta - Bagi Bunda menyusui yang kerap memerah ASI, wajib tahu nih cara menyimpan yang benar agar tak cepat basi. Ternyata, ASI yang Bunda perah juga  berisiko rusak lho jika tidak disimpan dengan teknik yang baik. 

Ya, ASI basi memang kerap tidak disadari sebagian Bunda. Mereka berpikir bahwa ASI yang disimpan akan bertahan dan tetap berkualitas. Hal tersebut memang benar adanya ya, Bunda, tetapi dengan syarat disimpan dengan baik sehingga ASI dipastikan tetap berkualitas dan layak konsumsi.

Seringkali nih, beberapa kasus Bunda melakukan kesalahan dalam penyimpanan ASI. Misalnya saja, ASI yang sudah dikeluarkan lama tetapi tidak jadi dikonsumsi kembali dimasukkan ke freezer. Padahal, ASI tersebut berisiko basi jika sudah dikeluarkan dan tidak digunakan sesegera mungkin.


"ASI yang dipompa bertahan sekira empat hari di lemari es. Selain itu, ASI dapat dibekukan hingga empat bulan dalam freezer biasa, atau hingga 12 bulan dalam freezer khusus. Setelah Bunda mengeluarkannya dari freezer, waktunya akan berubah," ujar Ashley Gerogakopoulos, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Romper.

Gergakopoulos menambahkan, setelah dikeluarkan dari freezer, Bunda sebaiknya segera menggunakannya. Sebab, batas waktunya semakin sempit. Perlu Bunda tahu, setelah dicairkan dan semua kristal es telah mencair dan didinginkan di antara penggunaan, ASI tersebut hanya bisa bertahan pada suhu kamar hingga dua jam. Karenanya, mengetahui berapa lama ASI bisa bertahan di lemari es adalah bagian penting untuk memastikan ASI Bunda tidak basi.

Berikut ciri ASI basi yang perlu Bunda ketahui:

1. Aroma tak sedap

Biasanya, ciri ASI basi bisa ditandai dari aromanya yang berbau tidak sedap. Hal ini menandakan bahwa ASI Bunda sudah rusak. Jika aromanya seperti ASI basi mungkin lebih baik Bunda segera membuangnya.

Informasi lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga ya cara mencairkan ASI perah beku dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



RASA DAN WARNA ASI BERUBAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi