sign up SIGN UP search


menyusui

3 Aturan Pemberian ASI Perah dengan Cangkir pada Bayi

Annisa Karnesyia Rabu, 23 Jun 2021 14:03 WIB
Cup feeder caption
Jakarta -

Pemberian air susu ibu (ASI) perah pada bayi dapat dilakukan dengan cangkir lho, Bunda. Cangkir kecil untuk ASI perah ini dikenal juga dengan nama cup feeder.

Pemberian ASI melalui cangkir ternyata lebih mudah dibandingkan dengan sendok. Tak hanya itu, cangkir seperti ini menjadi metode pemberian ASI yang baik dibandingkan botol.

Perawat anak bersertifikat Donna Murray, RN, BSN, mengatakan bahwa cup feeder bisa mencegah ketergantungan anak dengan botol atau dot. Selain itu, cara ini dapat membantu anak menjadi mandiri.


"Cara ini memudahkan transisi dari menyusui untuk minum sendiri," kata Murray, dilansir Very Well Family.

Bayi yang memiliki kondisi tertentu dapat menggunakan cangkir khusus ASI ini ya. Beberapa di antaranya adalah bayi prematur, sulit menyusu karena tongue tie, menolak menyusu di payudara, atau Bunda mengalami nyeri di puting saat mengeluarkan ASI.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa pemberian susu dengan cangkir lebih baik dibandingkan menggunakan botol susu atau dot. Menurut Sri Sunarti S.K.M., M.Si dalam buku Panduan Menyusui Praktis dan Lengkap, saat menggunakan cangkir, Bunda dapat berinteraksi langsung dengan buah hati.

Selain itu, cangkir lebih higienis dibandingkan botol susu atau dot. Kelebihan lainnya yakni bayi dapat mengontrol asupannya dari cangkir.

"Kelebihan pemberian ASI menggunakan cangkir adalah lebih mudah dibersihkan, sehingga kemungkinan pencemarannya lebih kecil. Selain itu tidak mengganggu pelekatan pada payudara ibu karena bayi dapat mengontrol asupannya bila minum dengan cangkir," ujar Sri Sunarti.

Cara penyajian ASI perah di cangkir juga mudah lho. Bunda dapat menaruh ASI perah di cangkir atau gelas ya. Kemudian, letakkan cangkir tersebut di dalam panci yang berisi air panas atau mendidih.

"ASI akan menjadi hangat tanpa harus dipanaskan di atas api," kata Sri Sunarti.

Lalu bagaimana cara menyusui atau memberi minum bayi dengan cangkir? Apa saja yang perlu diperhatikan? Baca halaman berikutnya.

Simak juga tips perbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ATURAN PEMBERIAN ASI PERAH DENGAN CANGKIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi