Sign Up search


menyusui

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh bagi Ibu Menyusui

Asri Ediyati Minggu, 15 Mar 2020 09:34 WIB
Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh bagi Ibu Menyusui caption
Jakarta - Kasus virus Corona di Indonesia kian bertambah banyak. Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menetapkan virus Corona sebagai pandemi. Mendengar kabar tersebut rasanya begitu mengkhawatirkan ya, Bunda?

Jika Bunda sedang menyusui, jangan terlalu khawatir. Ada beberapa cara untuk dapat meningkatkan kesehatan tubuh lewat menyusui. Secara keseluruhan, menyusui membantu kita mempertahankan sistem kekebalan tubuh jadi lebih kuat.


Pertama, jika co-sleeping atau temani anak tidur setelah menyusui, Bunda mungkin akan mendapatkan lebih banyak tidur. Tidur adalah penting dalam hal menjaga kesehatan. Demikian mengutip Fit Pregnancy.


"Kurang tidur bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda karena tubuh tidak mendapatkan kesempatan untuk memproduksi sebanyak mungkin antibodi, atau sel yang diperlukan untuk melawan infeksi. Jadi, semakin banyak tidur yang Anda dapatkan, semakin baik sistem kekebalan Anda," begitu penjelasan di Mayo Clinic.

Selain itu, ada juga langkah-langkah lain yang dapat Bunda ambil untuk meningkatkan kekebalan saat menyusui. Untuk membuat sistem kekebalan Bunda lebih kuat, apoteker berbasis di Chicago, Amerika Serikat (AS), Bineesh Moyeed menyarankan Bunda makan makanan sehat dengan banyak buah dan sayuran.
ilustrasi menyusuiilustrasi menyusui/ Foto: iStock

"Makan makanan segar dapat membantu Anda mendapatkan vitamin dan antioksidan, yang Anda butuhkan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat," kata Moyeed, dikutip dari Romper.

"Dan menggabungkan makanan super seperti kunyit, jahe, dan bawang putih juga dapat membantu," sambungnya.

Moyeed mencatat, penting untuk memastikan Bunda mendapatkan cukup vitamin C dan seng (zinc) juga, karena dapat membantu meningkatkan kemampuan melawan infeksi virus dan bakteri.

Perlu dicatat juga Bunda, hindari cemas berlebih karena memengaruhi kekebalan tubuh. Merasa tertekan, memisahkan diri dari orang lain, dan merasa stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Bunda.

Dengan kombinasi tidur yang cukup, makanan penambah kekebalan tubuh, ditambah tidak cemas berlebihan, ibuĀ menyusui diharapkan bisa selalu sehat untuk melawan apa pun yang sedang terjadi.


Simak juga penjelasan dokter soal lidah putih:

[Gambas:Video Haibunda]




(aci/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi