sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Memilih ASI Booster, Salah Pilih Malah Bawa Penyakit!

Tim HaiBunda Jumat, 21 May 2021 12:39 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in public while sitting in a cafe caption
Jakarta -

Bayi yang baru lahir akan sangat ideal untuk diberikan Air Susu Ibu (ASI). Meski saat melahirkan ASI ini tidak keluar, Bunda tetap wajib menyusui Si Kecil karena akan merangsang pengeluaran ASI.

Tapi, jika ASI tidak segera keluar dalam tiga hari maka Bunda bisa menggunakan ASI booster. Adapun tips memilih ASI booster yang baik dan benar, bisa Bunda cari dengan ketentuan seperti di bawah ini:

Tips Memilih ASI Booster

1. Pastikan Aman dan Telah Teruji di BPOM

Pertama dan yang paling utama adalah pastikan jika ASI booster ini sudah aman dan juga teruji di Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan atau BPOM. Dengan sudah terdaftar di BPOM maka kandungan-kandungannya aman dan bisa digunakan sesuai dengan yang ditawarkan.


Pastikan pada kemasannya memiliki barcode BPOM yang bisa dipindai menggunakan ponsel pintar sehingga Bunda mudah untuk mengeceknya. Sebab, tak sedikit produsen obat yang mencantumkan telah terdaftar di BPOM namun itu hanya trik untuk mendapatkan pelanggan saja.

2. Pastikan Kandungannya Lengkap

Pastikan jika pelancar ASI ini memiliki kandungan yang lengkap. Produk tersebut bukan hanya bagus untuk melancarkan ASI tapi juga bagus untuk meningkatkan kualitas ASI.

Semakin berkualitas ASI maka akan semakin banyak nutrisi yang didapatkan oleh Si Kecil. Tubuh Si Kecil akan lebih sehat, perkembangannya sesuai dengan usia, dan bahkan lebih cerdas.

3. Pastikan Menggunakan Bahan-bahan yang Alami

Untuk produk-produk ASI booster seperti ini sebaiknya dipastikan bahwa hanya menggunakan bahan-bahan yang alami. Umumnya bahan alami yang terkenal akan manfaatnya melancarkan ASI adalah daun katuk, almond, dan asam folat. Jika menggunakan bahan kimia yang berbahaya ditakutkan juga akan masuk ke tubuh Si Kecil sehingga dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan.

happy family mother playing and hug with newborn baby  in bedIlustrasi ASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko

4. Pilih Bentuk yang Mudah untuk Dikonsumsi

Pilihlah bentuk ASI booster yang mudah Bunda dikonsumsi. Ada beberapa pilihan yang bisa Bunda pilih seperti tablet, bubuk, atau pun sirup. Untuk bentuk pil biasanya paling mudah untuk ditemukan.

Sedangkan untuk bubuk dan sirup sendiri ada beberapa rasa yang bisa dipilih. Bunda bisa menggunakan rasa cokelat, buah, dan rasa lain yang Bunda suka. Varian dalam bentuk ini cocok untuk Bunda yang sulit meminum obat dalam bentuk tablet atau pil.

5. Pilih Merek yang Dipercaya

Bunda juga harus memilih pelancar ASI dengan merek terpercaya dan umum dipilih masyarakat. Bunda bisa mencarinya di apotek atau biasanya rumah sakit.

Itulah beberapa tips memilih ASI Booster yang harus diketahui. Jangan lupa juga untuk membeli ASI booster ini di tempat yang terpercaya dan jangan asal mencarinya. Selain itu imbangi juga dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. (PK)

Simak juga video berikut mengenai perjuangan Bunda Tasya Kamila yang sempat dipermalukan dan di-bully gara-gara ASI.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi