sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Makan Ikan Membuat Rasa ASI Jadi Amis. Mitos atau Fakta Bun?

Meita Fajriana Jumat, 25 Jun 2021 12:31 WIB
Makan ikan caption

Jakarta - Makanan dapat mempengaruhi rasa Air Susu Ibu (ASI). Hal ini termasuk membuat perubahan rasa dan aromanya. Salah satu makanan yang biasanya membuat rasa ASI berbeda adalah ikan Bunda.

Ikan memang dikenal memiliki aroma unik seperti amis. Namun benarkah ketika Bunda mengonsumsi ikan akan membuat rasa ASI menjadi amis? Melansir dari laman Parents, terdapat beberapa makanan dengan rasa unik yang mempengaruhi rasa ASI, bahkan bisa berbahaya kandungan kimia di dalamnya.

Ikan tinggi merkuri salah satunya. Saat dimasak dengan cara yang sehat seperti dipanggang, ikan bisa menjadi komponen makanan yang kaya nutrisi. Namun, karena berbagai faktor, sebagian besar ikan dan makanan laut lainnya juga mengandung bahan kimia yang tidak sehat, terutama merkuri. 


Di dalam tubuh, merkuri dapat terakumulasi dan dengan cepat naik ke tingkat yang berbahaya. Tingkat merkuri yang tinggi pada prinsipnya memengaruhi sistem saraf pusat, menyebabkan cacat neurologis. Untuk itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), dan WHO telah memperingatkan untuk tidak mengonsumsi makanan bermerkuri tinggi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak.

Merkuri dianggap oleh WHO sebagai salah satu dari sepuluh bahan kimia yang menjadi perhatian utama kesehatan masyarakat. Begitu juga pedoman khusus yang ditetapkan oleh EPA untuk orang dewasa yang sehat berdasarkan berat dan jenis kelamin.

Deretan ikan yang harus dihindari di antaranya tuna, hiu, ikan todak, mackerel, dan tilefish, karena semuanya cenderung memiliki kadar merkuri yang lebih tinggi dan harus dihindari untuk dikonsumi saat menyusui Bunda. 

Jadi berhati-hatilah memilih ikan yang akan dikonsumsi saat menyusui ya Bunda. Selain dapat mempengaruhi rasa ASI, kandungannya juga berbahaya untuk Si Kecil.

Tapi jangan menghindari makan ikan selamanya ya, Bunda. Terlepas dari itu, ikan merupakan makanan yang kaya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. 

Simak penjelasan selengkapnya di halaman berikut ya!

Tidak menyusui di malam hari bisa sebabkan produksi ASI turun lho, Bunda. Simak di video berikut penjelasannya!

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN YANG MEMENGARUHI ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi