sign up SIGN UP search


menyusui

Boleh Enggak Sih Ibu Menyusui Mengonsumsi Makanan Panas?

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 20 Jun 2021 18:50 WIB
Young Mom Breastfeeding Baby While Working Remotely On Laptop At Home and eating caption

Jakarta - Saat menyusui, mau tidak mau kita memang harus patuh pada aturan makanan sehat, Bunda. Termasuk menjauhi makanan yang harus dihindari. Berbicara soal makanan, hal yang kerap diperdebatkan biasanya menyoal suhu dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Biasanya nih, para Bunda tidak disarankan mengonsumsi makanan panas ketika menyusui. Sehingga, Bunda pun perlu bersabar menunggu makanan tersebut hingga ke kondisi hangat atau suhu ruang untuk aman dikonsumsi.

Melansir dari laman Tansybriggs, ternyata sangatlah penting bagi Bunda yang menyusui mengonsumsi makanan hangat dan bergizi terutama selama tiga bulan pertama setelah melahirkan.


Hal ini tentunya akan membantu pemulihan tubuh usai melahirkan dan juga mendukung proses menyusui. Ini juga akan membantu bayi Bunda memiliki pencernaan yang sehat, serta mengurangi kemungkinan kolik, dan gangguan pencernaan lainnya.

Ya, walaupun tidak ada salahnya sesekali makan makanan dalam kondisi panas, tetapi ada baiknya untuk menjaga vitalitas tubuh memang disarankan Bunda menunggunya hingga suhu ruang. Apalagi, bagi Bunda yang baru saja melahirkan sehingga hal tersebut dapat memengaruhi pemulihan pasca melahirkan.

Dengan nutrisi yang baik, sedikit olahraga ringan, serta banyak istirahat memang sangat baik untuk menunjang kesehatan selama menyusui. Termasuk juga dengan membarengi konsumsi makanan sehat dan suhu hangat untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan selama menyusui.

Tentu, kesehatan selama menyusui sangatlah prioritas ya, Bunda. Apalagi, bayi akan ikut mengasup apa saja yang Bunda konsumsi. Sehingga, ada baiknya Bunda pun lebih bijak memilih asupan yang memang aman dan sehat untuk menjaga kesehatan Bunda dan juga bayi selama menyusui berlangsung.

Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan lebih lengkapnya yuk, Bunda.

Kalau sedang menstruasi, Bunda menyusui bisa mencoba langkah di bawah ini untuk pertahankan produksi ASI agar tak menurun:

[Gambas:Video Haibunda]



PENTINGNYA IBU MENYUSUI BANYAK MINUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi