sign up SIGN UP search


menyusui

3 Manfaat Vitamin C untuk Busui, Benarkah Bisa Bikin ASI Melimpah?

Nanie Wardhani Senin, 28 Jun 2021 17:46 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Salah satu upaya dalam menjaga kesehatan, ibu menyusui bisa mengonsumsi suplemen vitamin tambahan untuk menjaga stamina tubuh. Salah satu vitamin yang biasanya direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah vitamin C

Vitamin C larut dalam air dan merupakan antioksidan penting yang dibutuhkan setiap orang, terutama ibu menyusui. Vitamin C ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Vitamin C membuat sel tetap sehat dengan melindunginya, sangat membantu dalam hal menyerap zat besi dan juga membantu penyembuhan luka dan jaringan. 

Tubuh manusia tidak mampu memproduksi vitamin ini, jadi kita perlu mengonsumsi buah dan sayuran, atau suplemen yang kaya akan vitamin ini agar kita bisa menikmati manfaatnya.


Namun dilansir dari Parenting First Cry, ternyata vitamin C tidak hanya dapat menjaga stamina tubuh, lho. Apa lagi sih manfaat dari vitamin C pada ibu menyusui, simak lengkapnya berikut ini ya, Bunda:

Banner Resep Masakan Rendah KaloriBanner Resep Masakan Rendah Kalori/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

1. Meningkatkan Jumlah Produksi ASI

Meskipun tidak semua ibu menyusui mengalami peningkatan suplai ASI saat mengonsumsi vitamin C, namun sebagian besar ibu juga mengalaminya. 

Selain itu, aliran ASI Bunda menjadi cukup stabil jika Bunda mengonsumsi suplemen ini secara teratur, jadi jika Bunda mengalami kesulitan dalam memproduksi susu untuk Si Kecil, maka Bunda bisa bicarakan dengan dokter Bunda tentang Vitamin C dan dapatkan sarannya apakah boleh untuk mencobanya.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Ibu menyusui sering takut menjadi sakit karena mereka dapat menularkannya kepada anak-anak mereka, tetapi jika Bunda mengonsumsi vitamin C dosis harian, tubuh Bunda akan dapat melawan infeksi apa pun sebelum mereka memiliki waktu untuk berakar.

Tidak hanya itu, Bunda juga akan menularkan manfaat ini kepada anak lho. Sistem imun Si Kecil bisa menjadi lebih baik karena Bunda menjaga sistem imun Bunda.

3. Menguatkan Tulang dan Gigi

Bunda menyusui tidak perlu khawatir lagi akan masalah gigi atau tulang yang patah atau cedera karena hal ini tentu saja akan menghambat kemampuan Bunda untuk merawat buah hati Bunda. 

Vitamin C akan membantu memperkuat gigi dan tulang Bunda, terutama ketika bekerja sama dengan vitamin lain seperti Vitamin D sehingga Bunda tidak perlu khawatir tentang kebutuhan nutrisi.

Demikian beberapa manfaat vitamin C yang dapat diberikan pada Ibu menyusui. Lalu apa sajakah vitamin dan suplemen yang aman diberikan kepada ibu menyusui? Simak informasinya di halaman berikut ini, Bunda.

Bunda, simak juga nih penyebab ASI turun. Klik video di bawah ya:

[Gambas:Video Haibunda]



VITAMIN DAN SUPLEMEN YANG AMAN UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi