sign up SIGN UP search


menyusui

3 Bahan Herbal dalam Suplemen yang Perlu Dihindari Ibu Menyusui

Annisa Karnesyia Minggu, 23 May 2021 10:50 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Suplemen herbal untuk menyusui kini sudah banyak dijual di pasaran. Bunda mungkin pernah dengar beberapa suplemen herbalĀ menyusui yang dipercaya bisa meningkatkan suplai ASI ya?

Konsumsi suplemen memang tidak dilarang selama menyusui. Asalkan, suplemen tersebut aman menurut Food and Drug Administration (FDA) atau sudah mendapatkan izin beredar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Produk herbal mungkin dianggap alami, namun belum tentu aman ya. Sebaiknya, Bunda konsultasi dulu ke dokter atau konsultan laktasi sebelum minum suplemen herbal untuk menyusui.


"Seperti halnya obat-obatan, herbal dapat masuk ke dalam ASI dan kemungkinan juga bisa memengaruhi suplai ASI," kata ahli bidang farmakologi perinatal, Thomas Hale, Ph.D., dilansir Baby Center.

Banner Penyakit Ain

Tak seperti obat, herbal juga tidak diatur oleh FDA, sehingga tidak ada jaminan keamanan dan khasiatnya. Para ahli juga tidak sepenuhnya yakin bahan herbal yang aman atau tidak untuk digunakan selama menyusui.

Meski banyak suplemen herbal yang dipercaya aman untuk menyusui, ada beberapa bahan yang perlu diperhatikan. Kandungannya mungkin bisa memengaruhi produksi ASI dan berbahaya untuk bayi.

Berikut HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, 3 bahan herbal dalamĀ suplemen menyusui yang perlu dihindari Bunda:

1. Daun sage

Daun sage biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan karena memiliki aroma kuat. Sebagai pengobatan tradisional, tumbuhan ini dikenal bisa mengatasi batuk dan sakit tenggorokan.

Penggunaan daun sage dalam suplemen sebaiknya dihindari selama menyusui, Bunda. Menurut bidan dan penulis A is for Advice, Ilana Stanger-Ross, daun ini bisa mengurangi produksi ASI.

"Saya membuat kesalahan saat minum teh sage ketika produksi ASI berlebih. Satu gelas kecil teh ini hampir membuat suplai ASI habis," kata Stanger-Ross, dikutip dari Healthline.

Sage dapat digunakan untuk berhenti menyusui atau menyapih karena bisa mengeringkan ASI. Hingga kini belum banyak studi yang meneliti keamanan daun sage untuk bayi yang menyusu ASI.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI selama menstruasi, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

SUPLEMEN HERBAL YANG PERLU DIHIDARI SELAMA MENYUSUI: PEPPERMINT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi