sign up SIGN UP search


menyusui

10 Penyebab Bayi Mogok Menyusu, Bisa karena Rasa ASI Berubah Bun

Annisa Karnesyia Selasa, 13 Jul 2021 16:33 WIB
Newborn baby crying in mother hands caption
Jakarta -

Si Kecil tiba-tiba mogok dan menolak menyusu, Bunda? Mogok menyusu bisa juga dialami bayi jauh sebelum periode menyapih harus dilakukan.

Mogok menyusu dapat didefinisikan sebagai periode waktu ketika bayi yang telah menyusu dengan baik, tiba-tiba menolak untuk menyusu ASI. Pada periode ini, bayi biasanya akan menjadi rewel dan tampak tidak senang ketika waktu menyusu.

Menurut konselor laktasi Melissa A. Kurke, R.N., IBCLC, mogok menyusu tidak selalu berarti bayi siap untuk disapih ya. Pemogokan bisa jadi hanya sebentar dan tidak berlangsung lama.


"Banyak faktor yang bisa memicu serangan mogok menyusu ini. Biasanya bayi mencoba untuk memberi tahu ibunya bahwa ada sesuatu yang tidak beres," kata Kurke, dilansir Mayo Clinic.

Mogok menyusu bisa membuat bayi dan Bunda enggak nyaman. Terlebih, Bunda juga bisa menjadi khawatir bila bayi tidak mendapatkan cukup ASI untuk menunjang nutrisinya.

Banner Penyebab Janin Tidak BerkembangBanner Penyebab Janin Tidak Berkembang/ Foto: Mia Kurnia Sari

Jika bayi mogok menyusu dan suplai ASI terus diproduksi, Bunda bisa mengalami masalah di payudara. Bila ini terjadi, segera perah ASI dan coba berikan ke bayi melalui botol, sendok, atau gelas ASI.

"Untuk mencegah pembengkakan dan menjaga suplai ASI, pompa payudara sesering mungkin. Ibu dapat memberikan ASI perah kepada bayinya dengan sendok atau botol," ujar Kurke.

Jika mogok menyusu ini berlangsung lebih dari beberapa hari disertai popok tidak terlalu basah, Bunda perlu mencurigai bayi kesulitan menyusu ya. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sebelum melakukan tindakan mandiri, Bunda perlu tahu penyebab bayi mogok menyusu nih. Apa saja penyebabnya?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 3 penyebab produksi ASI turun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB BAYI MOGOK MENYUSU ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi