menyusui

6 Tips Anti Nyeri Saat Menyusui Bayi Tumbuh Gigi

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 30 Jul 2019 17:55 WIB
6 Tips Anti Nyeri Saat Menyusui Bayi Tumbuh Gigi
Jakarta - Periode bayi tumbuh gigi terkadang mendatangkan masalah baru bagi ibu menyusui. Salah satunya, rasa tidak nyaman akibat gigitan si kecil ketika menyusu.

Rasanya sampai bikin meriang kan, Bun. Bagaimana tidak, lagi asyik menyusui eh tiba-tiba si kecil menggigit. Duh, rasanya menyakitkan banget pastinya.

Memang, Bun, setiap bayi memiliki pengalaman yang berbeda satu sama lain ketika giginya tumbuh. Ada yang mengalami gusi bengkap dan sangat menyakitkan, gusi terasa gatal, dan sebagainya.


Kondisi tersebut membuat mereka ingin menggigit semua benda yang masuk ke mulutnya. Akibatnya, membuat bayi jadi mengalihkan rasa tidak nyamannya itu dengan cara mengisap buruk, termasuk menggigit puting, hingga mogok nyusu, seperti dikutip dari laman Baby Center.

6 Tips Anti Nyeri Saat Menyusui Bayi Tumbuh GigiMenyusui saat bayi tumbuh gigi/Foto: iStock

Nah, jika Bunda mengalami pengalaman tak mengenakkan seperti itu, ada baiknya mencegah gigitan mereka dengan memijat gusinya menggunakan jari sebelum menyusui.

"Jika bayi terus menggigit, lepaskan isapannya dari payudara Bunda dan katakan untuk tidak menggigit dengan tegas. Sebab, bayi biasanya akan menggigit ketika kenyang, dan itu pertanda mereka selesai menyusu. Tetapi jika Bunda merasa si kecil belum selesai menyusu, tunggulah setidaknya 15 menit sebelum melanjutkan menyusui," ujar Jan Barger, R.N, M.A, IBCLC, FILCA, seorang konsultan laktasi di Illinois.

Melansir Very Well Family, beberapa strategi menyusui saat bayi sedang tumbuh gigi memang perlu dilakukan, Bun. Jika Bunda ingin mempraktikkannya, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu ya, Bun:

1. Beri bayi sesuatu untuk dikunyah sebelum dan sesudah menyusui.
2. Berikan teether atau handuk basah yang dingin, yang dapat membantu meredakan gusi yang sakit.
3. Pijat gusi bayi dengan jari yang bersih sebelum menyusui. Tanyakan juga pada dokter, apakah bisa memberikan obat pereda nyeri setengah jam sebelum menyusui.
4. Ubah posisi menyusui jika puting susu Bunda terasa sakit dan periksalah apakah posisi menyusui Bunda sudah benar.
5. Jika bayi menolak menyusu, teruslah tawarkan mereka payudara Bunda tetapi jangan memaksanya. Sementara itu, sambil menunggu mogok si kecil mereda, pompalah ASI Bunda untuk menjaga suplai ASI tetap maksimal.
6. Hubungi konsultan laktasi atau komunitas menyusui jika Bunda membutuhkan lebih banyak dukungan dan informasi.

Selamat mencoba, Bun.

Simak posisi menyusui yang dianjurkan untuk Bunda, seperti penjelasan di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi